Kepala BPBD Kabupaten Bekasi, Aspuri saat menghadiri kegiatan Kaji Cepat bersama relawan kebencanaan di Lantai II Gedung BPBD Kabupaten Bekasi, Kamis (02/08).
Kepala BPBD Kabupaten Bekasi, Aspuri saat menghadiri kegiatan Kaji Cepat bersama relawan kebencanaan di Lantai II Gedung BPBD Kabupaten Bekasi, Kamis (02/08).

ASN Pemkab Bekasi yang Nyaleg Masih Ngantor, Ketua NasDem: Sudah Mengundurkan Diri Kok!

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Bekasi, Teten Kamaludin angkat bicara mengenai pencalonan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Aspuri di Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif 2019.

Teten membenarkan jika yang bersangkutan berencana maju dari partai besutan Surya Paloh itu di Pemilu Legislatif 2019 dari Dapil III Tambun Selatan dan menegaskan bahwa surat pengajuan pengunduran dirinya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) kepada Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Bekasi sudah diterima pihaknya.

“Sudah Mengundurkan diri kok! Sudah, sudah. Kalau tidak salah per tanggal 11 atau 15 Juli. Ada suratnya di saya,” kata Teten Kamaludin, Kamis (02/08).

Disinggung tentang status Aspuri yang masih ‘ngantor’ hingga hari ini dan menghadiri kegiatan Kaji Cepat bersama relawan kebencanaan di Lantai II Gedung BPBD Kabupaten Bekasi, Teten mengatakan karena proses pengunduran dirinya sebagai ASN masih berproses.

“Ya kan masih dalam proses, yang pentingkan sudah ada keterangan dalam prosesnya kecuali kalau itu tidak ditempuh. Karena masih berproses dan ada tanda terimanya, maka itu fakta yang kita pegang,” kata dia.

Adapun persyaratan Aspuri sebagai Bakal Calon Legilsatif yang diterima DPD Partai Nasdem untuk diserahkan ke KPU Kabupaten Bekasi, diantarnya adalah Surat pengajuan pengunduran diri dan tanda terima surat pengunduran dirinya sebagai ASN.

“Ada surat pengunduran diri dan tanda terima surat pengunduran diri. Jadi dalam proses sehingga sudah bisa ditempuh atau memeuhi unsur (persayaratan ASN maju sebagai Caleg-red),” kata Teten.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Aspuri dikabarkan maju sebagai Bakal Calon Anggota Lesgilatif (Bacaleg) di Pemilu 2019. Meski demikian, Aspuri belum pensiun atau mengundurkan diri dari jabatannya dan masih berstatus ASN.

Kepastian ini disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Bekasi, Oded S. Yahya. “Nggak ada, nggak ada pengunduran diri. Saya juga belum tau,” kata dia, Rabu (01/08).

Karena itu Oded pun yakin Aspuri masih berstatus ASN di lingkungan Pemkab Bekasi.

Aspuri saat ditemui ketika menghadiri sidang paripurna DPRD Kabupaten Bekasi dengan agenda pengesahan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P2ABPB) Kabupaten Bekasi Tahun 2017, membenarkan terkait pencalonannya sebagai wakil rakyat di Pemilu 2019 mendatang.

“Insya Allah doakan saja,” ungkapnya seraya menambahkan bahwa ia rencananya akan maju dari Dapil III Tambun Selatan lewat partai NasDem.

Terkait dengan pencalonannya, Aspuri mengaku tidak ada masalah. Bahkan, kata dia, pengajuan pensiun dan pengunduran dirinya sebagai Kepala BPBD Kabupaten Bekasi sudah diajukan sejak lama. “Kalau surat proses pensiunnya sudah lama berjalan lama dan infonya sudah turun SK-nya,” kata dia.

Sebagaimana diketahui, di Undang Undang RI No 8 tahun 2012 Bab 7 Pasal 51 dijelaskan bahwa ASN yang ingin menjadi caleg baik di tingkat kota, provinsi, maupun pusat wajib mencantumkan maupun melampirkan surat pengunduran dirinya. Sementara di PKPU RI No 20 tahun 2018 Bab 2 Pasal 7 disebutkan apabila ada ASN yang mencalonkan diri menjadi Bacaleg maka yang bersangkutan harus mengundurkan diri. (BC)

Baca Juga

Salah seorang pengendara saat melintasi tumpukan sampah sepannjang kurang lebih 10 meter di Gang Masjid, RT 05/02 Desa Tanjung Sari Kecamatan Cikarang Utara, Minggu (21/04).

Pemkab Bekasi Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Dinas Lingkungan Hidup mengajak seluruh masyarakat …

Uji emisi kendaraan gratis di depan Gedung Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Selasa (13/08). | Foto: Humas Pemkab Bekasi

Pemkab Bekasi Lakukan Uji Emisi Kendaraan Gratis

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Lingkungan Hidup menggelar kegiatan uji emisi …