Waspada! Selain ISPA, Diare Mengintai di Musim Kemarau

Ilustrasi penyakit diare
Ilustrasi penyakit diare

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Selain infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Masyarakat juga diminta mewaspadai penyakit diare yang kerap menyerang di musim kemarau.

Sebab musim kemarau yang berkepanjangan seperti sekarang. Selain membuat kondisi kualitas udara buruk, akses air bersih yang terbatas juga bisa memicu penyakit diare.

BACA: Kasus ISPA di Kabupaten Bekasi Alami Tren Penurunan

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, dr. Alamsyah menuturkan penyakit ISPA dan diare, biasanya menjadi penyakit yang kerap kali muncul dan menggangu kesehatan masyarakat setiap musim kemarau terjadi.

Sebagai upaya pencegahan adanya lonjakan kasus, pihaknya mengaku terus melakukan sosialisasi dan mengedukasi masyarakat.

“Memang angka di bulan Agustus  terjadi sedikit peningkatan (dibanding Juli). Namun yang meningkat ini adalah ISPA ringan yang bisa ditangani di rumah. Sedangkan untuk penyakit diare, hingga saat ini belum ada lonjakan kasus,” kata dr. Alamsyah.

Dirinya memastikan bahwa persediaan obat, baik di rumah sakit ataupun puskesmas untuk penanganan ISPA dan Diare di Kabupaten Bekasi apabila terjadi lonjakan masih mencukupi.

“Kemudian kita punya ketersediaan obat dan logistik farmasi sampai sekarang alhamdulillah tercukupi,” ungkapnya.

Agar terhindar dari kedua penyakit tersebut di musim kemarau, Alamasyah menghimbau masyarakat agar tetap menjaga pola makan sehat serta mengkonsumsi air minum yang bersih dan layak.

“Apabila ada kasus-kasus yang muncul di lapangan segera datang ke layanan kesehatan agar memperoleh layanan yang lebih cepat,” imbuhnya. (dim)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait