Minim Koordinasi, Penanggulangan Bencana di Kabupaten Bekasi Belum Maksimal

banjir-mg-dua
banjir-mg-dua

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Aspuri mengakui koordinasi antar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) masih belum maksimal dalam melakukan penanggulangan bencana.

Ia pun mengaku cukup khawatir dengan kondisi tanggul Sungai Citarum. Jika jebol, maka akan membanjiri beberapa kecamatan seperti Muaragembong, Cabangbungin, Pebayuran dan Kedungwaringin.

Bacaan Lainnya

“Tetapi kita terkendala dengan penanganan tanggul tersebut, karena memang itu tanggung jawab dari pemerintah pusat, sehingga dibutuhkan koordinasi agar penanganan tanggul nantinya lebih maksimal,” kata Aspuri.

Ia menjelaskan selama ini, pihaknya hanya bisa menyediakan karung sehingga apabila terjadi rembesan maka akan dintisipasi sementara dengan tumpukan karung.

Aspuri memastikan banjir tidak terjadi dalam beberapa waktu ke depan mengingat saat ini tengah berada dalam masa peralihan cuaca dari musim hujan ke musim panas.

“Jikan terjadi bencana banjir, kita sudah antisipasi dengan menyiapkan perahu karet serta kebutuhan logistik,” ucapnya. (BC)

Pos terkait