Waspada, Potensi Kebakaran di Pabrik Cukup Besar

Petugas Damkar saat berusaha memadamkan api di gedung PT. PT. Dunia Kimia Jaya (DKJ), Senin (08/08) malam.
Petugas Damkar saat berusaha memadamkan api di gedung PT. PT. Dunia Kimia Jaya (DKJ), Senin (08/08) malam.

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG SELATAN – Pabrik di Kawasan Industri di Kabupaten Bekasi rentan mengalami musibah kebakaran. Dalam 2 bulan terakhir sudah terjadi 5 musibah kebakaran.

Oleh karena itu, dibutuhkan peran serta perusahaan supaya apabila terjadi kebakaran dapat memadamkan apinya secara dini dengan alat yang dimiliki.

Bacaan Lainnya

Pengelola Kawasan Industri EJIP, Yosminaldi Nur mengakui kalau resiko kebakaran di pabrik potensinya sangat besar. Oleh karena itu dibutuhkan antisipasi sehingga kerugian materi tidak terlalu besar.

“Tentu harus ada antisipasi. Salah satunya adalaha dengan penyediaan peralatan pemadam kebarakan yang sesuai dengan standar.

Khusus di kawasan EJIP, saat ini pihaknya mengaku telah memiliki dua unit mobil pemadam kebakaran. Selain dipergunakan untuk memadamkan api di wilayahnya, mobil tersebut juga kerap diperbantukan untuk memadamkan api di kawasan industri lainnya.

“Selain itu, beberapa waktu lalu juga kita telah melakukan lomba pemadam kebakaran, hal ini supaya apabila terjadi kebakaran seluruh karyawan mampu mengantisipasinya,” kata dia.

Yosminaldi juga menambahkan bahwa pihaknya telah membentuk Forum Lingkungan di kawasannya untuk memonitor ketertiban, kenyamanan dan keamanan. “Hal ini sekaligus dapat memonitor musibah kebakaran yang terjadi di perusahaan-perusahaan,” jelasnya. (BC)

Pos terkait