Pemeriksaan kesehatan sekaligus screening virus HIV oleh petugas dari DInas Kesehatan Kabupaten Bekasi bagi para warga binaan di Lapas Cikarang, Selasa (03/12).
Pemeriksaan kesehatan sekaligus screening virus HIV oleh petugas dari DInas Kesehatan Kabupaten Bekasi bagi para warga binaan di Lapas Cikarang, Selasa (03/12).

Ratusan Warga Binaan di Lapas Cikarang Screening Virus HIV

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Ratusan warga binaan pemasyarakat di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cikarang melakukan pemeriksaan (screening) virus HIV. Kegiatan screnning dilakukan oleh tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi.

BACA: Homoseksual Penyebab Terbesar Kasus HIV/AIDS di Kabupaten Bekasi

“Proses screning dilakukan oleh tim Dinas Kesehatan kepada 100 warga binaan,” kata Kepala Lapas Cikarang, Kadek Anton Budiharta disela-sela kegiatan peringatan Hari AIDS sedunia di Lapas Cikarang, Selasa (03/12) pagi.

Kegiatan yang berlangsung mulai Pukul 09.00 – 15.00 WIB tersebut diisi dengan Talk Show mengenai cara penanggulan HIV dan AIDS, Bazar Produk Narapidana dan Pentas Seni dengan menampilkan band Lembaga Pemasyarakatan Se-Purwabesuka (Purwakarta, Bekasi, Subang, Karawang), Sebaya Coustik, Band Bahasa Aliza, LaCika Band, Orkes Keroncong LaCika (Oke LaCika) dan sebagai bintang utama yaitu Rizky Elpamas beserta Crew.

Kadek mengatakan selama ini Lapas Cikarang sudah berusaha semaksimal mungkin memberikan pelayanan kesehatan terutama bagi warga binaan yang terindikasi mengidap virus HIV.

“Kami telah melakukan beberapa kali sosialisasi dan tes HIV bagi warga binaan kami, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Bekasi dan Yayasan Grafiks. Ini tentu salah satu upaya kami melakukan pencegahan dini tersebarnya virus HIV,” tuturnya.

Acara peringatan Hari AIDS sedunia di Lapas Cikarang ini turut dihadiri Anggota DPRD Kabupaten Bekasi, Ketua Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Bekasi, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Kepala Bagian Kesejahteran Kabupaten Bekasi, Yayasan Grapiks, Rumah Sebaya, Tim Pegadaian, Puskesmas Cipayung, Dompet Dhuafa, Sub Sub Recipient, Bocah Kampung Utan Cikarang, SMA Negeri 1 Cikarang Pusat dan SMK Negeri Cikarang Utara.

“Dengan adanya acara ini, besar harapan kami untuk mendapatkan bantuan serta dukungan dari pemerintah setempat terhadap pelayanan kesehatan dan kegiatan pembinaan bagi para warga binaan di Lapas Cikarang,” kata Kadek.

Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Bekasi Jamil mengatakan, akan berkoordinasi dengan Pemkab Bekasi agar warga binaan bisa terus mendapatkan pelayanan kesehatan dan pelatihan yang bermanfaat.

“Berkoordinasi dan saling mendukung guna meringankan beban Lapas Cikarang terkait pemberian layanan kesehatan serta pelatihan yang bermanfaat, akan kami bantu melalui pihak-pihak terkait,” ujar dia. (BC)

Baca Juga

Kepala Lapas Kelas II Cikarang, Kadek Anton Budiharta (kanan) foto bersama Kepala Rutan Kelas I Bandung, Heri Kusrita; Kepala LPN Kelas II Cirebon, Jalu Yuswa Panjang, dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Karawang foto bersamai usai menerima penghargaan Instansi peraih WBK di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat dari Menteri PANRB, Selasa (10/12) kemarin.

Terapkan Wilayah Bebas Korupsi dan Pelayanan Berbasis HAM, Lapas Cikarang Raih Penghargaan Bergengsi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cikarang berhasil memborong dua penghargaan bergengsi sekaligus pada …

Ilustrasi

Homoseksual Penyebab Terbesar Kasus HIV/AIDS di Kabupaten Bekasi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Sepanjang tahun 2019 jumlah penderita HIV dan AIDS di Kabupaten Bekasi …