Paket Sembako Murah Diserbu Emak-emak

Warga Desa Sukasari, Kecamatan Serang Baru, Kabupaten Bekasi menyerbu kegiatan Gelar Pangan Murah yang digelar Pemkab Bekasi untuk membeli paket sembako murah, Rabu (27/03).
Warga Desa Sukasari, Kecamatan Serang Baru, Kabupaten Bekasi menyerbu kegiatan Gelar Pangan Murah yang digelar Pemkab Bekasi untuk membeli paket sembako murah, Rabu (27/03).

BERITACIKARANG.COM, SERANG BARU – Warga Desa Sukasari, Kecamatan Serang Baru, Kabupaten Bekasi menyerbu kegiatan Gelar Pangan Murah yang digelar Pemkab Bekasi. Warga yang datang didominasi kaum emak-emak itu terlihat dengan tertib mengantri untuk membeli sembako murah.

BACA:  Distribusikan 755 Ton Beras Murah, Pemkab Bekasi Jaga Stabilitas Harga Jelang Ramadan dan Idul Fitri

Bacaan Lainnya

Dengan harga Rp36.400 warga mendapatkan paket sembako murah yang berisi 5 kilogram beras, 1 kg tepung terigu, 1 kg gula pasir, 1 liter minyak goring dan 500 gram telur ayam.

Salah seorang warga, Tia mengaku program ini sangat bermanfaat dan membantu warga menengah kebawah untuk memenuhi kebutuhan pokok dirumah.

“Ya alhamdulillah masyarakat menengah kebawah bisa terbantu, apalagi mau lebaran gini. Kalau bisa harga-harga di pasaran juga turun,” tuturnya, Rabu (27/03).

Diketahui, Pemerintah Kabupaten Bekasi menyelenggarakan kegiatan Gelar Pangan Murah secara serentak untuk 3.600 KK di 9 desa yang masuk dalam kategori agak rawan pangan dalam data Food Security and Vulnerability Atlas (FsVA).

Selain di Desa Sukasari Kecamatan Serang Baru, kegiatan serupa juga digelar secara serentak di desa-desa lainnya. Yakni Desa Sukaragam Kecamatan Serang Baru, Desa Setia Asih Kecamatan Tarumajaya, Desa Banjarsari Kecamatan Sukatani dan Desa Muarabakti Kecamatan Babelan.

Kemudian Desa Cibarusah Kota Kecamatan Cibarusah, Desa Lenggahsari Kecamatan Cabangbungin, Desa Ciantra Kecamatan Cikarang Selatan dan Desa Srijaya Kecamatan Tambun Utara.

Penjabat Bupati Bekasi, Dani Ramdan menjelaskan, Kegiatan tersebut digelar untuk menunjukan kehadiran Pemerintah Kabupaten Bekasi terkait kebutuhan sembako di saat harganya cenderung naik saat Ramadan dan jelang Idul Fitri.

“Gelar Pangan Murah ini menyasar desa-desa yang memang berdasarkan data Food Security and Vulnerability Atlas (FsVA) atau Peta Kerawanan dan Keamanan Pangan yang ada pada Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bekasi masuk dalam kategori agak rawan pangan,” ungkapnya

Selain menyediakan paket sembako murah melalui acara Gelar Pangan Murah sejumlah upaya lainnya juga telah dilakukan Pemkab Bekasi dalam menjaga ketersediaan dan pasokan bahan pangan untuk masyarakat. Diantaranya penyaluran bantuan beras Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) operasi beras murah di setiap kecamatan hingga operasi pasar kepada distributor maupun ke toko-toko penjual beras.

“Jadi ini untuk memotong rantai pasok sehingga tidak langsung ke Distributor besar terlebih dahulu, tetapi langsung ke pengecer-pengecer sehingga harganya bisa lebih ditekan.  Dan banyak upaya lainnya termasuk dalam upaya meningkatkan produksi pangan itu sendiri,” kata dia. (riz)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait