DCKTR Rehab 419 Ruang Kelas untuk Tingkatkan Kenyamanan Belajar Siswa

Ilustrasi sekolah rusak
Ilustrasi sekolah rusak

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi memberi perhatian yang cukup tinggi terhadap upaya perbaikan ruang kelas agar layak guna dan nyaman. Pada tahun 2024, sebanyak 419 ruang kelas yang mengalami kerusakan akan diperbaiki.

BACA: Kabupaten Bekasi Tingkatkan Sarana Pendidikan dan Kesehatan

Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Bekasi Benny Sugiarto Prawiro mengatakan Pemkab Bekasi  mengalokasikan kurang lebih Rp 170 miliar pada APBD 2024 untuk rehab 419 ruang kelas yang masuk kategori rusak sedang hingga berat.

“Pada tahun ini kami mengalokasikan kurang lebih Rp170 miliar untuk rehab 419 ruang kelas yang masuk kategori rusak sedang hingga berat,” kata Benny Sugiarto Prawiro.

Ruang kelas yang mengalami kerusakan tersebut tersebar di ratusan sekolah baik pada jenjang sekolah dasar (SD) maupun sekolah menengah pertama (SMP) di sejumlah kecamatan di Kabupaten Bekasi.

“Perbaikan akan mulai dilakukan April mendatang dengan targetan rampung akhir tahun ini. Ratusan ruang kelas tersebut tersebar pada jenjang pendidikan SD maupun SMP di Kabupaten Bekasi,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, Imam Faturochman mengatakan ruang kelas yang nyaman merupakan salah satu aspek yang dapat mendukung terciptanya suasana belajar mengajar yang kondusif. Dengan demikian, siswa akan lebih fokus dan berkonsentrasi pada proses belajar mengajar tanpa memikirkan hal-hal lain yang berkaitan dengan kondisi ruang kelas.

“Dengan ruang kelas yang baik dan layak, siswa menjadi lebih efektif dalam proses belajar mengajar, yang pada akhirnya bisa memacu siswa untuk berprestasi lebih maksimal. Sebaliknya bila ruang kelas yang buruk tentu  akan menimbulkan ketidaknyamanan dan rasa was-was terus menerus bagi siswa, sehingga berpengaruh negatif terhadap proses belajar mengajar siswa,” kata dia. (RIZ)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait