Rombongan Longmarch Surabaya - Jakarta dipimpinan Ade Kenzo (36) saat hendak menyambangi Gedung DPRD Kabupaten Bekasi, Jum'at (13/10).
Rombongan Longmarch Surabaya - Jakarta dipimpinan Ade Kenzo (36) saat hendak menyambangi Gedung DPRD Kabupaten Bekasi, Jum'at (13/10).

Longmarch Surabaya – Jakarta : Ade Kenzo Ingin Pelayanan JKN di Kabupaten Bekasi Jadi Barometer

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Longmarch Surabaya – Jakarta yang dilakukan Direktur Relawan Jamkeswatch, Ade Lukman Kumaini atau Ade Kenzo (36) tiba di Kabupaten Bekasi, Jum’at (13/10) pagi.

Rencananya, Ade Kenzo akan menemui Presiden Joko Widodo di Jakarta untuk menuangkan isi hatinya mengenai masih buruknya pelayanan jaminan kesehatan di Indonesia. Ia berharap dengan aksi longmarchnya ke Jakarta dapat membuka mata pemerintah untuk segera memperbaiki jaminan kesehatan masyarakat.

“Longmarch saya ke Istana adalah sebagai bentuk protes terhadap pemerintah pusat dan pemerintah daerah terkait dengan masih buruknya pelayanan yang diberikan BPJS Kesehatan dan JKN,” kata Ade Kenzo saat ditemui di gedung DPRD Kabupaten Bekasi.

Menurut dia, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah harus bertanggung jawab atas banyaknya masyarakat yang masih belum mendapatkan haknya terutama di bidang pelayanan kesehatan.

“Banyak masyarakat yang tidak mendapatkan hak normatifnya, obat harus bayar, perlakuan medis harus bayar, darah harus bayar, pendataan warga miskin tidak beres serta banyaknya masyarakat yang seharusnya mendapatkan haknya tetapi justru tidak mendapatkan seperti Pekerja Penerima Upah yang terkena PHK dan juga guru-guru honorer yang upahnya sangat minim sehingga ini harus menjadi perhatian pemerintah pusat dan pemerintah daerah,” tuturnya.

Ade mengaku sepanjang Longmarch banyak dukungan yang diterima tentang perbaikan jaminan kesehatan dari berbagai element masyarakat dan pemerintah daerah. Meski demikian, sebagai warga Kabupaten Bekasi, ia pun berharap agar daerah tempat tinggalnya ini dapat menjadi barometer dan menjadi daerah yang lebih baik pelayanan kesehatannya di Indonesia.

“Pimpinan kita (Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yasin-red) sudah dipilih oleh rakyat sehingga sudah selayaknya juga mengedepankan kepentingan rakyatnya. Kabupaten Bekasi akan maju jika rakyatnya sehat dan ditopang dengan Jaminan Kesehatan yang layak juga,” kata dia.

Informasi yang BERITACIKARANG.COM terima, Ade Kenzo akan melanjutkan Longmarchnya menuju Jakarta keesokan hari, Sabtu 14 Oktober 2017. Ia akan beristirahat sejenak di Omah Buruh untuk bertemu istri dan kedua anaknya yang menetap di Perumahan Mega Regency, Desa Sukaragam, Kecamatan Serang Baru. Ade Kenzo dijadwalkan sampai di Jakarta pada Senin, 16 Oktober 2017 mendatang. (BC)

Baca Juga

BPJS Kesehatan

Iuran Naik, Peserta BPJS Kesehatan Pilih Turun Kelas

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA – Sejumlah masyarakat merasa terbebani dengan kenaikan iuran BPJS Kesehatan yang rencananya …

Iuran BPJS Kesehatan Naik, Pemkab Bekasi Butuh Tambahan Rp. 79 Milyar

BERITACIKARANG.COM.COM, CIKARANG PUSAT – Iuran BPJS Kesehatan dipastikan naik 100%. Hal itu tertuang dalam Peraturan …