Kecamatan Cibarusah Usulkan Perbaikan Jembatan Cipamingkis

Rentas amblas: Sejumlah pengendara saat melintasi jalan penyambung jembatan yang amblas dan belum tuntas diperbaiki, Kamis (23/01) kemarin.
Rentas amblas: Sejumlah pengendara saat melintasi jalan penyambung jembatan yang amblas dan belum tuntas diperbaiki, Kamis (23/01).

BERITACIKARANG.COM, CIBARUSAH – Kondisi Jembatan Cipamingkis dinilai sudah sangat membahayakan. Camat Cibarusah, Muhammad Kuneafi mengusulkan agar perbaikan jembatan tersebut dapat menjadi prioritas Pemerintah Kabupaten Bekasi agar jembatan tersebut bisa berfungsi dengan maksimal.

“Jembatan Cipamingkis sudah kita usulkan untuk perbaikannya. Dan ternyata tahun ini sudah dianggarkan Rp 700 juta untuk kegiatan lanjutan di tahun sebelumnya,”  kata Muhammad Kunaefi, usai menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) APBD 2021 di Kecamatan Cibarusah, Kamis (24/01).

Bacaan Lainnya

BACA: Wujudkan Pemerataan Pembangunan, Kabupaten Bekasi Gagas Program Satu Milyar Satu Desa

Anggaran tersebut, kata dia, rencananya akan digunakan untuk kegiatan pemadatan jalan penyambung jembatan yang longsor beberapa waktu lalu akibat tergerus arus Sungai Cipamingkis. “Tahun lalu kan sudah dilakukan pemasangan penyangga. Jadi nanti tinggal diurug pakai tanah dan batu lalu dipadatkan kemudian di aspal atasnya,” kata dia.

Kendati demikian, dia belum bisa memastikan kapan perbaikan akan dilakukan oleh Dinas PUPR selaku Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Bekasi yang memiliki kewenangan mengerjakannya.  “Kalau kita sih pengen secepatnya, karena kondisinya memang sudah sangat membahayakan,” kata dia.

Kunaefi menambahkan pada saat Musrenbang APBD 2021 di Kecamatan Cibarusah pihaknya juga telah mengusulkan sejumlah pembangunan infatrukstur lain berdasarkan usulan dari setiap Kepala Desa. “Dan sesuai arahan Kepala Bappeda, kita akan fokuskan pembangunan khususnya di daerah-daerah perbatasan biar pembangunannya nyambung antara desa satu dengan desa lainnya dan terintegrasi juga antara Kecamatan Cibarusah dengan kecamatan yang lain,” kata dia.

Kapolsek Cibarusah, AKP Sukarman berharap usulan yang disampaikan masyarakat dari Musrenbang Tingkat Desa hingga Kecamatan dapat terealisasi.  “Khusus untuk Jembatan Cipamingkis, nanti kita lakukan penanaman pohon bambu untuk meminimalisir terjadinya longsor susulan di lokasi tersebut,” kata dia. (BC)

Pos terkait