Ini Upaya Polsek Muaragembong Untuk Menjaga Populasi Lutung Jawa

lutung jawa polsek gembog
lutung jawa polsek gembog

BERITACIKARANG.COM, MUARAGEMBONG – Membuat spanduk larangan berburu, melakukan patroli air dan darat serta menghimbau masyarakat untuk tidak berburu adalah upaya yang terus dilakukan anggota Polsek Muaragembong untuk menjaga populasi Lutung Jawa di lokasi habitatnya yang berada di Kp. Nelayan – Muara Bendera, Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muaragembong.

BACA : Jaga Populasi, Lokasi Habitat Lutung Jawa di Kecamatan Muaragembong Akan dibebaskan

Bacaan Lainnya

Kasie Humas Polsek Muaragembong, Brigadir Wahyu Purwanto mengatakan populasi Lutung Jawa mesti dijaga mengingat binatang itu masuk dalam kelompok stwa yang dilindungi.

“Jadi upaya itu terus kita lakukan dikarenakan Lutung Jawa adalah satwa yang dilindungi dan hampir punah karena perburuan liar,” kata dia, Kamis (09/03).

Ia mengatakan bahwa patroli yang dilakukan oleh aparatur Polsek Muaragembong dilakukan dengan menggunakan perahu. Pasalnya lokasi habitat Lutung Jawa sulit dijangkau oleh kendaraan bermotor.

“Selain untuk mengantisipasi terjadi perburuan liar, patroli menggunakan perahu juga dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kejahatan di perairan Muaragembong,” kata dia. (BC)

Pos terkait