lutung jawa muaragembong
lutung jawa muaragembong

Jaga Populasi, Lokasi Habitat Lutung Jawa di Kecamatan Muaragembong Akan dibebaskan

BERITACIKARANG.COM, MUARAGEMBONG – Berbagai upaya terus dilakukan untuk menjaga populasi Lutung Jawa. Selain dengan patroli rutin yang dilakukan oleh anggota kepolisian, himbauan larangan berburu juga terus digencarkan di lokasi habitat Lutung Jawa yang berada di Muara Bendera, Kecamatan Muaragembong.

Camat Muaragembong, Fahrurozi mengatakan himbauan larangan berburu telah dilakukan pihaknya bersama aparat kepolisian sebagai upaya untuk mengantisipasi adanya perburuan Lutung Jawa. Pasalnya, binatang yang masuk dalam kelompok satwa dilindungi itu saat ini populasinya hanya berjumlah sekitar 40 ekor.

“Kalau nggak dihimbau gitu nanti bisa habis, punah. Kalau dibiarkan (perburuan-red) habis lama-lama. Paling sekarang juga komunitasnya kan tinggal beberapa ekor, ada sekitar 40-an lah,” kata Fahrurozi.

Ia pun mengaku sudah meminta agar pemerintah daerah Kabupaten Bekasi membebaskan lokasi habitat Lutung Jawa. Pasalnya hingga kini lokasi tersebut masih menjadi lahan garapan warga dan berdekatan dengan pemukiman penduduk dengan luas mencapai sekitar 5 hektare.

“Mudah-mudahan di tahun 2017 atau 2018 nanti ada perhatian dari pemerintah. Tempo hari juga memang ada informasi lokasi Lutung Jawa itu mau dibebaskan karena memang sampai saat ini lokasi tersebut masih merupakan garapan warga. Tempo hari sih sudah disurvey tetapi sampai saat ini memang belum teralisasi,” ucapnya.

Baca Juga

Taman Baca Samudera di halaman depan kantor Kecamatan Muaragembong.

Kontainer Disulap Jadi Taman Baca di Pesisir Kabupaten Bekasi

BERITACIKARANG.COM, MUARAGEMBONG – Perpustakaan dan Taman Baca mulai tumbuh di beberapa daerah. Di Kabupaten Bekasi …

Anggota Rescue dari Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi saat memusnahkan sarang dari koloni tawon yang menyerang Ibu Tonisih (40) di Kp. Bungin RT 01/02 Desa Pantai Bakti, Kecamatan Muaragembong, Rabu (15/01) malam.

Tawon Predator ‘Ngamuk’,  Seorang Ibu Rumah Tangga di Muaragembong Jadi Korban Usai Disengat di Dekat Makam

BERITACIKARANG.COM, MUARAGEMBONG – Seorang ibu rumah tangga bernama Ibu Tonisih (40) menjadi korban keganasan koloni …