Kepala Bidang Penataan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup di Dinas LH Kabupaten Bekasi, Arnoko
Kepala Bidang Penataan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup di Dinas LH Kabupaten Bekasi, Arnoko

34 Kasus Pencemaran Lingkungan Dilaporkan Ke Pemkab Bekasi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui DInas Lingkungan Hidup (LH) pada tahun 2018 menerima laporan sebanyak 34 kasus pencemaran lingkungan.

BACA: Pemkab Bentuk Satgas Pencemaran Sungai di Kabupaten Bekasi

Kepala Bidang Penataan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup di Dinas LH Kabupaten Bekasi, Arnoko menuturkan kasus pencemaran lingkungan yang dilaporkan terdiri atas pencemaran udara, air, pembuangan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) dan izin lingkungan.

“Jadi kita menerima laporan terkait dengan dugaan pencemaran lingkungan dari masyarakat kemudian kita lakukan kegiatan pengawasan apabila terbukti sampai dengan upaya-upaya penindakan,” kata Arnoko, Selasa (12/02).

Pihak-pihak yang telah terbukti melakukan pencemaran, sambungnya, diberikan teguran dan sanksi administrasi. Jika masih membandel, maka Pemerintah tidak akan segan untuk meningkatkan sanksi yang diberikan dari mulai perdata hingga pidana.

BACA: Warga Cibitung Minta Presiden Jokowi Turun Tangan Benahi Pencemaran di Kali Sadang

“Jadi asasnya adalah optimum remedium. Tapi selama ini yang kita berikan memang masih dalam bentuk sanksi administrasi. Kalau membandel, sanksinya bisa lebih berat, dari mulai perdata dalam bentuk ganti kerugian atau bisa jadi pidana,” ungkapnya.

Arnoko mengingatkan, mekanisme pembuangan limbah khususnya oleh badan usaha harus sesuai aturan. Sebelum dibuang limbah harus diolah dulu melalui instalasi pengolahan air limbah (IPAL). “Limbah yang dibuang juga harus sesuai dengan standar mutu,” pungkasnya. (BC)

Baca Juga

Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja saat meninjau galian pipa pdam yang digunakan untuk hidran umum di di halaman Masjid Al Ikhlas, Kp. Poponcol, Desa Ridomanah, Kecamatan Cibarusah, Jumat (12/07) pagi | Foto : Humas Pemkab Bekasi

Pemasangan Pipa PDAM untuk Hidran Umum di Cibarusah Belum Maksimal

BERITACIKARANG.COM, CIBARUSAH –  Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja mewacanakan pembangunan hidran umum khusus untuk warga …

Martam (42) Kepala Desa Nagasari, Kecamatan Serang Baru digiring keluar menuju mobil tahanan usai menjalani pemeriksaan terkait kasus dugaan korupsi pengelolaan Tanah Kas Desa (TKD) di Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi, Rabu (10/07).

Pemkab Bekasi Tak Akan Beri Bantuan Hukum Untuk Kepala Desa Nagasari

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Pemerintah Kabupaten Bekasi dipastikan tidak akan memberikan bantuan hukum kepada Kepala …