Peninjauan kondisi akses Jl. Cikarang Cibarusah menuju Delta Silicon 8 yang akan dibuka oleh Komisi III DPRD Kabupaten Bekasi, Selasa (03/02).
Peninjauan kondisi akses Jl. Cikarang Cibarusah menuju Delta Silicon 8 yang akan dibuka oleh Komisi III DPRD Kabupaten Bekasi, Selasa (03/02).

Urai Kemacetan Lalin, Akses Jl. Cikarang – Cibarusah Ke Delta Silicon 8 Segera Dibuka

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG SELATAN  –   Tingginya volume kendaraan dan sempitnya ruas Jl Cikarang Cibarusah kerap menimbulkan kemacetan. Apalagi, proses peningkatan jalan yang dilakukan  UPTD Pengelolaan Jalan dan Jembatan Wilayah I – Dinas Binamarga Provinsi Jawa Barat belum selesai, sehingga tak heran apabila banyak warga yang mengeluhkan.

Menanggapi persoalan ini, DPRD Kabupaten Bekasi mendesak agar akses Jl Cikarang Cibarusah menuju Kawasan Delta Silicon 8 segera dibuka. Hal itu terungkap dalam rapat kerja sekaligus peninjauan lapangan Komisi III DPRD Kabupaten Bekasi bersama Dinas PUPR, Dinas Perhubungan, Dinas Perumahan Kawasan Permukiman, Satlantas Polres Metro Bekasi, PT Lippo Cikarang, Camat Cikarang Selatan, Camat Serang Baru dan perwakilan dari Dinas Binamarga Provinsi Jawa Barat pada Selasa (03/12).

BACA: Pelebaran Jalan Cikarang Cibarusah Batal Dikerjakan Tahun Ini, Berikut Penyebabnya

“Kami mengundang semua pihak tidak lain untuk mensikapi aspirasi dari masyarakat. Dampak dari adanya pembangunan, memang menimbulkan kemacetan yang luar biasa di Jl. Cikarang – Cibarusah, terutama saat pagi dan sore hari. Ini sudah ada riak-riak di masyarakat, tetapi saya sampaikan mereka tidak perlu demo. Kami di Komisi III insya allah akan membantu menyelesaikan persoalan ini bersama pihak-pihak terkait,” kata Wakil Ketua  Komisi III DPRD Kabupaten Bekasi, Cecep Noor.

Dari hasil rapat kerja sekaligus peninjauan lapangan, disepakati akses Jl Cikarang Cibarusah menuju Kawasan Delta Silicon 8 yang hanya dibatasi panel (tembok pembatas) segera dibuka. “Dalam waktu satu minggu, kami akan berusaha agar kegiatan penyambungan akses jalan selesai dilakukan,” kata dia.

Legislator dari Partai Persatuan Pembangunan ini menegaskan bahwa akses jalan yang akan dibuka merupakan garis sepadan jalan milik pemerintah. “Jadi nanti panel di garis sepadan jalan itu akan kita bongkar dan akan dicor jalannya sehingga bisa menjadi akses warga ke ke luar dan ke dalam kawasan,” tuturnya.

Sementara itu Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Bekasi, Ade Kuswara Kunang berharap dengan dibukanya akses menuju Kawasan Delta Silicon 8 dapat mengurangi kemacetan di Jl Cikarang Cibarusah.

“Kalau sudah dibuka pasti kemacetan terurai. Ini salah satu solusi yang mesti dilakukan sambil menunggu proses pembebasan dan pelebaran jalan dilakukan. Karena memang, selain menimbulkan kemacetan, ruas Jl. Cikarang Cibarusah yang sempit juga kerap menimbulkan kecelakaan hingga korban jiwa. Nah, kita kepengen itu tidak terjadi lagi,” tuturnya. (BC)