Siapkan Bibit Atlet Berprestasi, Kabupaten Bekasi Bentuk PPLPD

Peluncuran Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar Daerah (PPLPD) pada apel peringatan Haornas 2023 di Plaza Pemkab Bekasi, Senin (11/09).
Peluncuran Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar Daerah (PPLPD) pada apel peringatan Haornas 2023 di Plaza Pemkab Bekasi, Senin (11/09).

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT –  Untuk meningkatkan prestasi atlet, berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten Bekasi. Mulai dari pengadaan sarana prasarana, pembinaan, hingga pemberian bonus kepada atlet berprestasi.

Tidak sampai disitu, Pemerintah Daerah akan membentuk Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar Daerah (PPLPD). Sebagai tahap awal, PPLPD dibuka dengan dua cabang olahraga, yakni bulutangkis dan renang.

Bacaan Lainnya

BACA: Pelajar Kabupaten Bekasi Sumbang Empat Emas untuk Jawa Barat di Popnas 2023

“Kita sudah meluncurkan PPLPD untuk dua cabang olahraga, yaitu bulutangkis dan renang. Mudah-mudahan kedepannya PPLPD akan bisa meluas untuk cabor lainnya ,” kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan usai memimpin Upacara Peringatan Hari Olahraga Nasional ke-40 (HAORNAS) Tingkat Kabupaten Bekasi di Plaza Pemkab Bekasi, Cikarang Pusat, pada Senin (11/09).

Program ini diharapkan mampu mencetak bibit atlet beprestasi secara berkelanjutan. Sekaligus menjadi upaya Pemkab Bekasi mempertahankan gelar Juara Umum di Pekan Paralimpik Daerah (Peparda) dan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat.

“Diharapkan melalui PPLPD akan dicetak secara berkelanjutan bibit atlet beprestasi mulai tingkat SMP, SMA, hingga menjadi atlet elit Kabupaten Bekasi,” ungkapnya.

Dani mengatakan banyak atlet Kabupaten Bekasi yang direkrut untuk memperkuat kontingen Jawa Barat pada kompetisi tingkat nasional setelah berhasil menjadi juara umum kedua event olahraga tersebut.

“Ini kontribusi kita bagi Jawa Barat sebagai Juara Umum Peparda, maka atlet-atlet kita banyak yang direkrut menjadi atlet Jabar dalam rangka Peparnas, dan saya kira hal yang sama untuk atlet yang menang di Porpov,” terangnya.

Keikutsertaan perwakilan Kabupaten Bekasi memperkuat kontingen Jawa Barat juga dapat menambah pengalaman kompetisi dan jam terbang para atlet. Diharapkan hal tersebut bisa menjadi kekuatan inti bagi Kabupaten Bekasi dalam mengikuti ajang-ajang tingkat nasional, sehingga dapat mempertahankan prestasi yang telah diraih.

“Dengan masuk di Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) Jabar, atlet kita akan menambah kompetensi mereka dan juga jam terbang mereka dalam ajang nasional, sehingga diharapkan tetap menjadi kekuatan inti Kabupaten Bekasi dalam Porprov Jabar 2025,” tandasnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bekasi, Iman Nugraha mengatakan cabang olahraga bulutangkis dan renang dipilih karena fasilitas olahraga kedua cabor tersebut sudah memadai. Selain itu sudah banyak melahirkan atlet berprestasi.

“Untuk proses rekruitmen akan dicoba dari jenjang sekolah menengah, baik pertama maupun atas. Dan pelatihnya pun akan kita coba seleksi dengan yang profesional. yang memiliki lisensi nasional,” kata dia.  (dim)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait