Pemerintah Pusat diminta Segera Atasi Persoalan Banjir di Jl. Raya Imam Bonjol

Sejumlah pengendara saat melintasi genangan air yang terdapat di Jl. Imam Bonjol, Kp. Rawa Palangan, Desa Telaga Murni, Kecamatan Cikarang Barat, Senin (08/08).
Sejumlah pengendara saat melintasi genangan air yang terdapat di Jl. Imam Bonjol, Kp. Rawa Palangan, Desa Telaga Murni, Kecamatan Cikarang Barat, Senin (08/08).

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bekasi berharap pemerintah pusat segera mengatasi permasalahan banjir yang melanda jalan negara tepatnya di Jl. Raya Imam Bonjol, Kp. Rawa Palangan, Desa Telaga Murni,  Kecamatan Cikarang Barat.

Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Bekasi, Taih Minarno mengatakan akibat banjir tersebut, kendaraan yang melintas khususnya pengguna sepeda motor sering mogok dan menyebabkan kemacetan panjang.

Bacaan Lainnya

Menurut dia, kondisi ini sudah berlangsung lama, semenjak daerah resapan air di lokasi tersebut tidak ada dan berganti menjadi PT. Gunung Garuda.

“Ini kan permasalahannya antara tembok  pabrik dengan jalan tidak ada salurannya airnya sehingga air itu masuk ke jalan. Harusnya dibuatkan saluran yang agak besar supaya  air bisa mengalir ke sungai. Ini kan tidak ada,” kata Taih, Rabu (31/08).

Dijelaskan olehnya, pembuatan saluran air di sepanjang jalan tersebut merupakan kewenangan pemerintah pusat karena jalan tersebut adalah jalan negara.

“Kewenangannya memang punya pemerintah pusat. Kalau pemerintah daerah yang membangun harus ada persetujuan dulu dari kementrian soalnya nanti malah jadi temuan BPK,” kata dia.

Pemerintah pusat, kata Taih, dalam hal ini harus aktif. “Kita sudah coba mengkomunikasikan masalah ini dan infonya akan segera dibangun saluran air itu. Mudahan-mudahan terealisasi di tahun ini. Apalagi pemerintah pusat katanya mau fokus membangun infrastruktur, masak sih cuma segitu doang nggak mampu,” kata dia. (BC)

Pos terkait