KPU Kabupaten Bekasi Siap Rekrut Anggota PPK dan PPS

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA – Guna mendukung terselenggarannya Pilkada Kabupaten Bekasi tahun 2017, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi akan melakukan perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Penitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat desa dan kelurahan mulai tanggal 21 Juni nanti.

BACA : PPK : Satu Kecamatan Lima Orang

Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Idham Holik saat ditemui usai menghadiri sosialisasi tatap muka antara Bawaslu Provinsi Jawa Barat dengan stakeholder dan masyarakat dalam rangka persiapan pengawasan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bekasi 2017 di Hotel Grand Zuri, Jababeka, Jumat (10/06), mengatakan bahwa perekrutan PPK dan PPS untuk penyelenggaran Pilkada 2017 nanti dilakukan secara terbuka.

Hal ini dilakukan untuk mengedepankan independensi PPK dan PPS dalam menjalankan tugasnya sebagai penyelenggara ditingkat kecamatan dan kelurahan/desa.

“Jadi dengan perekrutan secara terbuka maka semua orang bisa mendaftar menjadi anggota PPS dan PPK,” katanya.

BACA : Bawaslu Ajak Masyarakat Kabupaten Bekasi Wujudkan Pemilu yang Demokratis

Dijelaskan Idham, adapun persyaratan untuk menjadi anggota PPK, PPS dan KPPS sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (5) UU Pilkada, persyaratannya adalah warga negara Indonesia, berusia minimal 25 tahun, mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil,  tidak menjadi anggota Partai Politik, berdomisili dalam wilayah kerja PPK, PPS, dan KPPS, sehat secara jasmani dan rohani, pendidikan minimal sekolah lanjutan tingkat atas atau sederajat serta tidak pernah dipidana dan tidak pernah diberikan sanksi pemberhentian tetap oleh KPU/KIP Kabupaten/Kota atau DKPP.

“Dan yang tidak kalah penting adalah belum pernah menjabat 2 (dua) kali sebagai anggota PPK, PPS dan KPPS,” kata Idham. (DB)

Baca Juga

Bawaslu Kabupaten Bekasi

Bawaslu Kabulkan Gugatan Caleg Gerindra, PPK Pebayuran Diputus Bersalah

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA  – Badan Pegawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bekasi telah menggelar sidang putusan terkait …

Koordinator Divisi Penindakan Bawaslu Kabupaten Bekasi, Khoerudin

Bawaslu Dalami Dua Kasus Dugaan Kecurangan Rekapitulasi Suara Caleg di Pebayuran

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA  – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bekasi terus mendalami dua kasus dugaan …