Kabupaten Bekasi Masih Kekurangan Puskesmas

Puskesmas Cikarang
Puskesmas Cikarang

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Pemkab Bekasi berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di 23 kecamatan.  Salah satunya dengan menambah jumlah Puskesmas dengan mempertimbangkan rasio jumlah penduduk.

Kepala Bidang Layanan Kesehatan di Dinas Kesehatan, Wawan Hermawan mengatakan saat ini Kabupaten Bekasi baru memiliki 44 Puskemas. Padahal idealnya, dengan jumlah penduduk mencapai 3,7 juta jiwa maka seharusnya ada sekitar 123 Puskesmas yang beroperasi di wilayahnya.

“Standarnya, setiap Puskesmas itu hanya melayani 30 ribu penduduk per wilayah kerja,” kata Wawan Hermawan, Kamis (20/02).

Sesuai RPJMD Kabupaten Bekasi, sambung Wawan, penambahan jumlah Puskesmas akan dilakukan secara bertahap. “Karena memang target kita itu hanya dua Puskesmas setiap tahunnya. Satu peningkatan Pustu ke Puskemas dan satu Puskesmas Rawat Inap ,” kata dia.

Kendati demikian, pihaknya terus berupaya memaksimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat meski memililiki keterbatasan sarana dan prasarana. Selain mengoptimalkan pelayanan kesehatan di 57 Puskesmas Pembantu (Pustu), pihaknya juga senantiasan mendorong agar semua klinik swasta yang ada di wilayahnya tetap konsisten membantu jika ada masyararat yang membutuhkan pelayanan kesehatan dan lainnya.

“Tentunya apabila klinik swasta ada yang tidak patuh pada aturan yang ada, maka akan diberikan sanksi tegas,” kata dia. (BC)

Pos terkait