evakuasi-bpbd
evakuasi-bpbd

Evakuasi Korban Banjir di Kedungwaringin dan Cikarang Timur, BPBD Terjunkan 5 Perahu Karet

BERITACIKARANG.COM, KEDUNGWARINGIN – Terkait dengan banjir yang menenggelamkan rumah warga dan bangunan pendidikan di Kecamatan Kedungwaringin, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Aspuri menjelaskan jika banjir yang terjadi akibat luapan dari sungai Citarum yang tinggi debit airnya.

Pihaknya pun telah menegaskan, bahwa kondisi ini adalah siaga 1 sejak Sabtu (12/11) lalu.

“Ini karena luapan air dari Sungai Citarum. Artinya, ini banjir adalah air kiriman akibat dibukannya pintu Saguling. Ya begini lah akibatnya,” kata Aspuri saat ditemui di lokasi banjir di Kp. Bojong, Desa Bojongsari, Kecamatan Kedungwaringin, Senin (14/11) pagi.

Ia menjelaskan bahwa sejak pagi hari, aparat Kecamatan Kedungwaringin dan Desa Bojongsari, siaga di sekitar lokasi dan mendirikan posko. Sementara itu pihak BPBD Kabupaten Bekasi sejak pukul 03.00 WIB, telah menurunkan lima unit perahu karet di lokasi ini untuk mengevakuasi warga ke daratan, khususnya bagi warga yang berada di Desa Bojongsari, Kecamatan Kedungwaringin, dan warga yang tinggal di Desa Labansari, Kecamatan Cikarang Timur.

“Sudah kita siapkan semua untuk evakuasi warga. Sudah kita terjunkan juga relawan. Dan rata-rata sudah terevakuasi semua,” ucapnya.

Tambah Aspuri, korban banjir ini rata-rata tinggal di rumah warga atau kerabat lainnya yang tak terkena banjir. Sehingga, pihaknya tak mendirikan tenda pengungsian. Namun posko-posko kesehatan telah disiapkan pihak puskesmas setempat.

“Kondisi di sini memang selalu terjadi setiap Sungai Citarum meluap,” kata dia.

Meskipun demikian, hingga kini pihaknya belum memiliki total berapa banyak Kepala Keluarga (KK) dan berapa ribu rumah yang terendam air limpasan Sungai Citarum itu.

“Semua pihak desa dan kecamatan yang mengalami bencana ini masih melakukan pendataaan. Belum direkap mas. Nanti yah kalau sudah lengkap,” tandasnya. (BC)

Baca Juga

Petugas BPBD Kabupaten Bekasi saat melakukan dropping air bersih bagi warga di di Kp. Tegal Sapi RT 01/01 Desa Nagacipta, Kecamatan Serang Baru pada Rabu (03/07) malam.

Krisis Air Bersih di Kabupaten Bekasi Meluas Ke Serang Baru

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Krisis air bersih di wilayah Kabupaten Bekasi mulai meluas. Bila pekan …

Sejumlah potongan pakaian milik penumpang pesawat Lion Air JT-610 ditemukan BPBD Kabupaten Bekasi di perairan Muaragembong, Selasa (30/10).

Hari Kedua Penyisiran, BPBD Kabupaten Bekasi Temukan Pakaian Korban Lion Air di Perairan Muaragembong

BERITACIKARANG.COM, MUARAGEMBONG  -Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi terus melakukan penyisiran untuk mencari korban …