kali-banjir-jatimulya
kali-banjir-jatimulya

Di Jatimulya, Buang Sampah Ke Kali didoain Cepet Mati dan Masuk Neraka

BERITACIKARANG.COM, TAMBUN SELATAN – Tumpukan sampah kerap menyumbat kali yang berada di lingkungan RW 15 Perumahan Jatimulya, Kecamatan Tambun Selatan. Selain menimbulkan bau tak sedap,  kali yang tersumbat sampah itu kerap mengakibatkan air meluap hingga banjir.

Prilaku membuang sampah sembarang masyarakat dinilai menjadi penyebab sering terjadinya banjir di lingkungan tersebut. “Sampah yang dibuang di kali ini kebanyakan sampah-sampah rumah tangga dan bukan sampah warga sini,” kata Pak Mora, warga yang tinggal di lokasi tersebut, Sabtu (19/11).

Padahal, kata dia, imbauan larangan untuk tidak membuang sampah sering dilakukan. Namun, masih saja sampah-sampah menumpuk di kali tersebut. “Berapa kali, plang larangan buang sampah yang di pasang selalu saja rusak dan hilang,” kata dia.

Akhirnya, sambungnya, setelah berdiskusi dengan sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat, sekitar satu setengah bulan yang lalu warga sepakat untuk membuat kembali papan larangan membuang sampah sembarangan.

Hanya saja papan larangan tersebut tampak unik karena berisi pesan ancaman. “YANG MEMBUANG SAMPAH DI KALI INI SEMOGA CEPAT MATI DAN MASUK NERAKA.”

“Setelah kita pasang ada dampaknya ya, sampah yang dibuang mulai berkurang dibandingkan sebelum-sebelumnya. Kalau nggak percaya cek saja,” ucapnya.

Dijelaskan olehnya, papan larangan buang sampah tersebut berjumlah 11 buah dan dipasang dia dua aliran kali berbeda. Enam buah dipasang di Kali Pengasinan dan sisanya, yakni 5 buah di pasang di Kali Tengah.

“Mudah-mudahan dengan dipasang papan larangan itu bisa menggungah kesadaran masayarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, apalagi di kali,” kata Pak Mora yang juga menjabat sebagai wakil Ketua tim penanggulangan banjir RW 15 di Perumahan Jatimulya . (BC)

Baca Juga

Evakuasi mandiri warga di Kp. Bojong Poncol, Desa Sumbersari, Kecamatan Pebayuran yang terjebak air luapan sungai Citarum, Minggu (21/02).

Banjir Rendam 19 Kecamatan, Legislator Desak Pemkab Bekasi Tetapkan Status Tanggap Darurat

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Anggota DPRD Kabupaten Bekasi Nyumarno mendesak Pemkab Bekasi menetapkan status tanggap darurat. Hal ini …

Banjir yang melanda pemukiman warga di Kp. Kalendarwak, Desa Karangsari, Kecamatan Cikarang Timur.

Banjir di Kabupaten Bekasi Mulai Surut, BPBD Imbau Warga Tetap Waspada

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Banjir yang melanda Kabupaten Bekasi mulai surut. Namun demikian, masih ada …