Dani Ramdan Pastikan Seluruh Ruas Jalan Siap Dilalui Pemudik

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan didampingi Kepala Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi Kabupaten Bekasi ruas jalan inspeksi Kalimalang yang telah rampung diperbaiki, Rabu (19/04).
Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan didampingi Kepala Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi Kabupaten Bekasi ruas jalan inspeksi Kalimalang yang telah rampung diperbaiki, Rabu (19/04).

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG BARAT  – Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan melakukan peninjauan di sejumlah ruas jalan yang ada di Kabupaten Bekasi, menjelang arus mudik lebaran 2023.

“Secara umum kondisi sarana dan prasarana jalan di wilayah Kabupaten Bekasi sudah baik menghadapi arus mudik lebaran 2023. Hanya ada beberapa sedikit perbaikan insyaallah targetnya  kita akan kejar 2-3 hari ini selesai,” kata Dani Ramdan usai meninjau ruas Jalan Inspeksi Kalimalang yang telah selesai diperbaiki, Rabu (19/04).

Bacaan Lainnya

Menurut pantauannya, dirinya merasa cukup puas dengan hasil yang diberikan oleh kontraktor dengan didukung oleh masa jaminan pemeliharaan jalan selama dua tahun. Sehingga, jalan yang dilalui terlihat sangat kokoh dan rapi karena pengerjaaan konstruksinya menggunakan beton.

“Saya cukup puas dengan hasil yang sudah diliat di Kalimalang jalannya sudah cukup rapi, kokoh karena konstruksi yang dibangun memakai beton. Disamping itu jaminan pemeliharaannya bisa dua tahun,” kata dia.

Selain Jalan Inspeksi Kalimalang, ia pun menyampaikan Jalan akses Bawah Tol Cibitung sepanjang 730 meter tersebut dapat diselesaikan selama lima hari kerja, dengan kontruksi menggunakan hotmix dan masa jaminan pemeliharaan jalannya satu tahun.

“Akses Tol Cibitung sepanjang 730 meter hanya selesai lima hari menggunakan hotmix, jaminan pemeliharaan juga satu tahun,” ucapnya.

Dirinya menjelaskan dua proyek pengerjaan jalan yang melalui metode pengadaan baru, yakni kerjasama e-Catalog Sektoral Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) ini cukup memuaskan, baik dari sisi efisiensi serta kualitas.

“Dua proyek pekerjaan ini menggunakan e-Catalog, jadi membuktikan hasil yang diberikan cukup memuaskan, dilihat dari efisiensi waktu, bahan materialnya berkualitas,” katanya.

Terakhir, ia berharap untuk ruas jalan yang belum diperbaiki dan dikeluhkan masyarakat bisa segera tuntas setelah lebaran. “Harapan masyarakat semoga bisa terpenuhi untuk titik kerusakan lainnya, akan ditangani setelah lebaran.” jelasnya.

Sebagai informasi, khusus pada  Jalan Inspeksi Kalimalang terdapat 119 titik yang dilakukan penanganan dan masih sekitar 80 persen perbaikannya, sisa 30 titiknya masih belum diperbaiki dan akan ditangani setelah lebaran.

Dinas Sumber Daya Bina Marga dan Bina Kontruksi Kabupaten Bekasi telah memetakan empat ruas jalan yang rusak, yakni Batas Kota Karawang, Batas Kota Cibitung, Cibitung-Tegal Gede, Tegal Gede-Tegal Danas, Tegal Danas-Kota Karawang dengan total 22 kilometer, sedangkan yang diperbaiki 1,8 kilometer tersebar disejumlah titik kerusakan.

Sedangkan untuk jalan akses dibawah Tol Cibitung-Cilincing, dengan panjang jalan 730 meter dan lebar badan jalan 7,5 meter telah selesai dilakukan pengaspalan menggunakan 2 lapis perkerasan, yakni Asphalt Concrete – Binder Course (AC-BC) ketebalan 6 sentimeter, dan Asphalt Concrete – Wearing Course (AC-WC) ketebalan 4 sentimeter, sehingga total ketebalan pengaspalan dijalan tersebut mencapai 10 sentimeter. (riz)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

 

Pos terkait