Pemadam Kebakaran Siaga saat Libur Lebaran

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi, Hasan Basri
Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi, Hasan Basri

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  –  Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bekasi siagakan personel jaga selama libur Lebaran Idul Fitri 1444 H, guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya peristiwa kebakaran di wilayah setempat.

“Ada petugas yang disiapkan untuk berjaga selama libur Lebaran,” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi, Hasan Basri, Rabu (19/04).

Bacaan Lainnya

BACA: Ditinggal Mudik, 6 Rumah di Setu Hangus Terbakar

Kendati demikian, ia mengimbau masyarakat agar berperan aktif mencegah penyebab munculnya api.

“Masyarakat harus berperan aktif untuk menjaga lingkungan sekitar tempat tinggalnya agar jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan seperti bahaya kebakaran,” ujarnya.

Selain itu juga Hasan mengimbau agar masyarakat mencabut semua steker dari colokan listrik untuk menghindari terjadinya korsleting pada AC, TV, Kulkas, dan barang elektronik lainnya bila ingin meninggalkan rumah.

“Periksa kembali kompor gas atau kompor minyak apakah sudah padam, agar lebih aman lepaskan regulator dari tabung gas,” katanya.

Untuk masyarakat yang memiliki hewan peliharaan dihimbau agar menitipkan kepada kerabat atau tempat penitipan hewan terpercaya, sehingga hewan peliharaan tidak terlantar di dalam rumah.

“Hewan peliharaan sebaiknya dititipkan, jangan sampai ketika ditinggalkan apalagi dalam waktu yang lama tidak terpelihara menimbulkan masalah lainnya,” kata dia.

Hasan kembali menegaskan masyarakat yang rumahnya ditinggal mudik agar memastikan pintu dan jendela sudah terkunci.

“Jangan lupa lapor ke RT kalau mau mudik dan jangan lupa tinggalkan nomor telepon yang bisa dihubungi,” tutupnya.

“Mari bersama sama menjaga lingkungan sekitar tempat tinggal agar tetap aman dan nyaman serta terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan yang bisa merugikan diri sendiri dan orang lain,” ajaknya. (dim)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait