Biaya Ditanggung Pemerintah, Kades dan Perangkat Desa di Kabupaten Bekasi Bakal Dilindungi BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG SELATAN – BPJS Kesehatan Cabang Cikarang terus mensosialisasikan implementasi Peraturan Presiden (Perpres) nomor 82 tahun 2018.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cikarang, Nur Indah Yuliaty menjelaskan kehadiran Perpres ini membuat status kepesertaan JKN-KIS bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa menjadi lebih jelas.

Bacaan Lainnya

Kedua jabatan tersebut kini telah ditetapkan masuk dalam kelompok peserta JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) yang ditanggung oleh pemerintah.

“Perhitungan iurannya sama dengan perhitungan iuran bagi PPU tanggungan pemerintah lainnya, yaitu 2 persen dipotong dari penghasilan peserta yang bersangkutan dan 3 persen dibayarkan oleh pemerintah,” kata Nur Indah Yuliaty, Jum’at (21/12).

Dalam Perpres tersebut juga dijelaskan bahwa seorang Warga Negara Indonesia (WNI) yang sudah menjadi peserta JKN-KIS dan tinggal di luar negeri selama 6 bulan berturut-turut, dapat menghentikan kepesertannya sementara. “Selama masa penghentian sementara itu, ia tidak mendapat manfaat jaminan BPJS Kesehatan,” ungkapnya.

Jika sudah kembali ke Indonesia, peserta tersebut wajib melapor ke BPJS Kesehatan dan membayar iuran paling lambat 1 bulan sejak kembali ke Indonesia. Jika sudah lapor, ia pun berhak memperoleh kembali jaminan kesehatan.

“Aturan ini dikecualikan bagi peserta dari segmen PPU yang masih mendapatkan gaji di Indonesia,” ujarnya.

Kemudian, sambungnya, jika ada pasangan suami istri yang masing-masing merupakan pekerja, maka keduanya wajib didaftarkan sebagai peserta JKN-KIS segmen PPU oleh masing-masing pemberi kerja, baik pemerintah ataupun swasta.

Keduanya juga harus membayar iuran sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Suami dan istri tersebut berhak memilih kelas perawatan tertinggi. “Jika pasangan suami istri tersebut sudah mempunyai anak, maka untuk hak kelas rawat anaknya, dapat ditetapkan sejak awal pendaftaran dengan memilih kelas rawat yang paling tinggi,” tutupnya. (BC)

Pos terkait