UMKM Kabupaten Bekasi Dibekali Pelatihan Digital Marketing

Pelatihan digital marketing pembuatan video profile usaha bagi para pelaku UMKM Kabupaten Bekasi.
Pelatihan digital marketing pembuatan video profile usaha bagi para pelaku UMKM Kabupaten Bekasi.

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Pemerintah Kabupaten Bekasi memfasilitasi pelatihan digital marketing untuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Lewat pelatihan pembuatan video profile usaha ini, diharapkan para pelaku UMKM dapat semakin inovatif dalam dunia digital marketing.

BACA: Sarling Jabar di Kabupaten Bekasi, Kang Emil: Kuasai Ekonomi Digital dan Jaga Kondusifitas

Bacaan Lainnya

“Yang paling mudah adalah para pelaku UMKM ini dapat menggunakan handphone sebagai media digital marketing kepentingan bisnisnya. Jadi melalui pelatihan ini mereka kita latih bagaimana memilih, membuat hingga mengupload konten atau produknya,” kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Bekasi, Ida Farida.

Ida mengatakan Pemerintah Daerah terus berupaya meningkatkan kapabilitas dan kompetensi pelaku UMKM. Pasalnya di era digitalisasi seperti saat ini dibutuhkan kompetensi dari para pelaku usaha itu sendiri agar mampu beradaptasi dan bertahan ditengah gempuran kemajuan zaman.

“Mudah-mudahan terlaksananya pelatihan ini dapat membantu para pelaku UMKM di Kabupaten Bekasi untuk dapat semakin inovatif dan lihai dalam dunia pemasaran digital,” ungkapnya.

Novita Lubis, narasumber dalam pelatihan tersebut mengatakan dalam dunia pemasaran digital, para pelaku UMKM harus paham mengenai value product yang dimiliki dengan produk pesaing.

“Jadi ketika orang melihat dengan waktu yang singkat, video yang singkat sudah tahu produknya apa dan kemana mereka harus menghubungi kalau ingin memesan sehingga tidak perlu bertanya-tanya lagi,” kata dia.

Melalui konsep pemasaran digital, diharapkan para pelaku UMKM dapat membuka pasar yang lebih luas sehingga profit dari penjualan produknya terus meningkat dan ikut berkontribusi membantu ekonomi sekitar..

“Katakanlah di sini ada 50 pelaku UMKM, masing-masing merekrut 2 hingga 3 karyawan. Tinggal dijumlahkan saja, berarti kan unemployement (pengangguran) bisa berkurang sekian orang. Jadi selain pelaku UMKM nya sejahtera, ikut juga membantu ekonomi sekitar,” kata dia. (riz)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait