popda atlet kabupaten bekasi
popda atlet kabupaten bekasi

Tak Ada Anggaran, Kabupaten Bekasi Absen di Popwil Jabar 2017?

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Kabupaten Bekasi tidak akan mengirimkan perwakilannya untuk megikuti pelaksananaan Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) Jabar 2017. Padahal, selain menjadi ajang babak kualifikasi atlet di delapan cabang olahraga ‎untuk bisa berlaga di Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jabar 2018, ajang ini pun menjadi salah satu bentuk pembinaan atlet di kalangan pelajar.

“Kita sangat menyayangkan hal ini. Jadi bagaimana mereka bisa melakukan pembinaan atlet di cabang olahraga, toh untuk sekelas pelajar saja tidak dapat difasilitasi,” kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Provinsi Jawa Barat, Yudha M. Saputra seperti dilansir dari Fokusjabar.com, Kamis (17/03) kemarin.

Selain Kabupaten Bekasi, ia mengatakan hal serupa juga terjadi di Kabupaten Subang. Alasannya, kedua Kabupaten tersebut tidak memiliki anggaran untuk pengiriman atlet pelajar ke ajang Popwil Jabar 2017.

“Kabupaten Bekasi ‎tidak punya anggaran untuk kirim atlet pelajar mereka ke Popwil Jabar, itu kan sangat mustahil kalau melihat dari APBD-nya. Kota dan kabupaten lain yang memiliki nilai APBD lebih kecil saja mampu kirim atlet pelajarnya. Ini kan lebih pada political will dari pimpinan daerahnya terhadap olahraga, apakah mereka peduli tidak dengan pembinaan keolahragaan,” sindirnya.

Untuk itu, lanjut Yudha, pihaknya pun akan secepatnya mengirimkan surat teguran tertulis kepada Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Subang. ‎Hal ini pun akan menjadi salah satu catatan khusus bagi kedua kabupaten tersebut terkait pembinaan keolahragaan.“Secepatnya kita kirim surat teguran kepada kedua kabupaten tersebut,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Dispora Kabupaten Bekasi, Nani Suwarni saat coba dikonfirmasi terkait dengan hal tersebut belum dapat dihubungi. (BC)