Sibuk Jadi Kendala! Disdukcapil Kabupaten Bekasi Buka Layanan Sabtu – Minggu

Ilustrasi: Warga mengurus dokumen administrasi kependudukan di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi.
Ilustrasi: Warga mengurus dokumen administrasi kependudukan di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bekasi.

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Bagi warga Kabupaten Bekasi yang suka ‘mencuri waktu’ keluar kantor sekedar untuk mengurus dokumen administrasi kependudukan (adminduk), sekarang sudah tak perlu lagi.

Tahun ini Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) akan membuka layanan inovasi bernama Sami-Sami atau Sabtu Minggu Siap Melayani.

Bacaan Lainnya

BACA: Ditengah Gerimis, Warga Cikarang Barat Antusias Datang ke BOTRAM

“Di tahun 2024 ini kami akan mengeluarkan program inovasi namanya Sami-Sami, yaitu Sabtu Minggu Siap Melayani,” kata Kepala Disdukcapil Kabupaten Bekasi, Carwinda, Rabu (13/03).

Pelayanan ini dikhususkan untuk warga Kabupaten Bekasi yang kesulitan mengambil cuti untuk mengurus dokumen adminduk.

“Kenapa kami mengeluarkan program ini, mungkin sebagian besar berapa persen masyarakat Kabupaten Bekasi merupakan pekerja ya, saya dengar mungkin untuk mereka ambil cuti agak sulit ya,” ungkapnya.

Oleh karenanya dalam rangka membahagiakan masyarakat, nantinya program Sabtu Minggu Siap Melayani  ini akan dijalankan dengan cara jemput bola.

“Petugas nantinya akan berkeliling ke ke sejumlah wilayah yang masyarakatnya memang membutuhkan pelayanan adminduk,” ungkapnya.

Selain itu, untuk menjangkau masyarakat yang jauh dari kantor pusat Pemkab Bekasi, Disdukcapil Kabupaten Bekasi juga akan meluncurkan program Sidepi, atau Sisir Desa Pilihan.

“Jadi Sidepi itu, Sisir Desa Pilihan. Kami sadar, dari tempat penduduk mungkin ke kecamatan ada yang jauh, oleh karena itu kami minta ke Camat untuk menyisir Desa yang kira-kira tadi kendalanya terlalu jauh,” ucapnya.

Dengan pelayanan ini, sambungnya diharapkan masyarakat yang sulit menjangkau tempat layanan, akan bisa mendapatkan akses yang mudah mengurus dokumen adminduk. (riz)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait