Sayur dan Buah-buahan di Kabupaten Bekasi Bebas Residu Pestisida

Pemerintah Kabupaten Bekasi memastikan sayuran dan buah-buahan yang beredar di pasar terbebas dari residu pestisida sehingga aman dikonsumsi.
Pemerintah Kabupaten Bekasi memastikan sayuran dan buah-buahan yang beredar di pasar terbebas dari residu pestisida sehingga aman dikonsumsi.

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Pemerintah Kabupaten Bekasi memastikan sayuran dan buah-buahan yang beradar di wilayahnya terbebas dari residu pestisida sehingga aman dikonsumsi. Hal ini diketahui berdasarkan hasil uji sample yang dilakukan Dinas Ketahanan Pangan terhadap sejumlah komoditas  di beberapa pasar tradisional.

BACA: Petani Kedungwaringin Pasok Kebutuhan Kangkung di Pasar Cikarang dan Karawang

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bekasi, Risna Ayu, mengungkapkan, pihaknya secara rutin melakukan tes cepat untuk memastikan keamanan pangan seperti sayuran dan buah-buahan.

“Ada beberapa kali dalam setahun kami lakukan untuk keamanan konsumsi pangan bagi masyarakat (konsumen) dari pestisida. Kami lakukan di sejumlah pasar tradisional dan ritel yang menjual sayuran dan buah-buahan,” kata Risna.

Kata Risna, hasil tes cepat pada buah-buahan dan sayur, kandungan pestisida adalah aman. Jikapun harus melakukan tes di laboraturium biasanya kandungannya masih dibatas wajar. “Namun ketika kami melakukan test cepat belum ada ditemukan. Kalau pun di tes di lab kadarnya tidak berbahaya. Sehingga ketika dikonsumsi masih layak,” katanya.

Menurut Risna, pestisida sering digunakan oleh pihak yang kurang bertanggung jawab untuk memperpanjang masa simpan buah dan sayuran. Pestisida dibutuhkan karena proses perjalanan pengiriman buah dan sayur ahar tetap segar. “Jadi yang ditinjau itu jangan sampai kadarnya melebihi yang dapat membahayakan ketika dikonsumsi,” kata dia. (DIM)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait