Restocking, Puluhan Ribu Benih Ikan Disebar di Tiga Situ

Restocking ikan di Situ Bedeng Desa Medalkrisna Kecamatan Bojongmangu.
Restocking ikan di Situ Bedeng Desa Medalkrisna Kecamatan Bojongmangu.

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Puluhan ribu benih ikan air tawar disebar di tiga situ di Kabupaten Bekasi. Selain untuk menjaga ekosistem, kegiatan ini juga menggalakan program gemar makan ikan di masyarakat.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi, Iman Santoso mengatakan kegiatan restocking ini adalah hasil kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Bekasi dengan Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Wilayah Utara Provinsi Jawa Barat.

Bacaan Lainnya

“Kita mendapatkan bantuan benih ikan dari Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Wilayah Utara Provinsi Jawa Barat,” kata Iman.

Puluhan ribu benih ikan tersebut kemudian disebar sedikitnya di tiga situ yang ada di kabupaten Bekasi. Yakni Situ Binong yang terletak di Desa Hegarmukti Kecamatan Cikarang Pusat, Situ Bedeng di Desa Medalkrisna Kecamatan Bojongmangu dan Tarumajaya Water Pond di Desa Setiasih Kecamatan Tarumajaya.

“Kegiatan restocking ini tidak hanya bertujuan mengembalikan fungsi dan peran perairan umum sebagai ekosistem akuatik yang seimbang. Namun, sebagai jangka panjang juga untuk menyukseskan program gemar makan ikan di masyarakat,” ungkapnya.

BACA: 500 Ribu Ikan Ditebar di Situ Abidin, Forcasi Minta Pelaku Ilegal Fishing ditindak

Iman menambahkan, warga juga harus menjaga kelestarian di lingkungan sekitar situ. Salah satunya tidak menangkap ikan dengan cara menyetrum ataupun bahan kimia berbahaya.

“Kami terus melakukan penyuluhan agar masyarakat menangkap ikan tidak menggunakan setrum atau obat,” kata dia. (dim)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait