Pertama Kali Digelar di Cikarang, Bekasi Trail Army Enduro Sedot Ratusan Peserta

Terjebak di obstacle: Bekasi Trail Army Enduro (Betmen) menjadi event enduro race pertama yang digelar di Cikarang, Kabupaten Bekasi dalam rangka HUT TNI ke-78. Event yang diselenggarakan Kodim 0509/Kabupaten Bekasi bekerjasama Ikatan Motor Indonesia (IMI) mulai tanggal 14-15 Oktober 2023 ini berhasil menyedot ratusan peserta.
Terjebak di obstacle: Bekasi Trail Army Enduro (Betmen) menjadi event enduro race pertama yang digelar di Cikarang, Kabupaten Bekasi dalam rangka HUT TNI ke-78. Event yang diselenggarakan Kodim 0509/Kabupaten Bekasi bekerjasama Ikatan Motor Indonesia (IMI) mulai tanggal 14-15 Oktober 2023 ini berhasil menyedot ratusan peserta.

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Bekasi Trail Army Enduro (Betmen) menjadi event enduro race pertama yang digelar di Cikarang, Kabupaten Bekasi. Event yang diselenggarakan Kodim 0509/Kabupaten Bekasi bekerjasama Ikatan Motor Indonesia (IMI) mulai tanggal 14-15 Oktober 2023 ini berhasil menyedot ratusan peserta.

Ketua IMI Kabupaten Bekasi, Juanda Rahmat mengatakan Bekasi Trail Army Enduro merupakan event akbar enduro race pertama yang digelar di Cikarang dan berhasil menarik perhatian kurang lebih 200 peserta dari berbagai Kota/Kabupaten di Jawa Barat hingga Jawa Timur.

Bacaan Lainnya

BACA: Pembalap Cikarang Dominasi Juara Enduro Cross Vida Bekasi

“Peserta hampir 200 orang rata-rata dari Jawa Barat dan dari Jawa Timur itu ada 20 pembalap. Untuk pembalap lokalan juga banyak dari beberapa komunitas motor trail yang ada di Kabupaten Bekasi,” kata Juanda Rahmat disela-sela pembukaan Bekasi Trail Army Enduro di Sirkuit Deltamas, Cikarang Pusat, Sabtu (14/10).

Dalam kesempatan yang sama, pihaknya menjelaskan Bekasi Trail Army Enduro mempertandingkan 18 nomor yang terbagi dalam tiga kategori yakni Kelas Supporting, Kelas Suporting Special dan Kelas Utama. Para pembalap yang bertanding akan melewati sedikitnya 20 obscatle atau haling rintang yang menjadi ciri khas enduro race.

“Ini masuk kategori hard enduro race karena memang banyak obstacle-nya, ada kurang lebih 20 titik rintangan yang dibuat. Jadi yang bisa cross atau trail belum tentu bisa melahap enduro,” kata dia.

Betmen Meriahkan HUT TNI ke-78

Komandan Kodim 0509/Kabupaten Bekasi, Letkol Inf. Danang W mengatakan Bekasi Trail Army Enduro atau disingkat Betmen diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT TNI ke-78. Selain menghadirkan perlombaan trail yang dapat dinikmati pecinta otomotif, kegiatan ini juga diisi dengan bazar UMKM hingga live music.

“Kami ingin menjadikan ini pesta rakyat, karena TNI kuat bersama rakyat sehingga kita buat acara ini dari rakyat untuk rakyat. Yang hobi trail silahkan, yang mau jualan UMKM silahkan dan tidak ada satupun yang kami pungut biaya termasuk parkir. Kecuali peserta lomba ya dan itu pun dikembalikan untuk hadiah,” kata Danang.

Kodim 0509/Kabupaten Bekasi sengaja memilih event endure race sebagai acara inti pada momentum HUT TNI tahun ini karena dinilai lebih menantang dan belum pernah digelar di Cikarang sebelumnya.

“Kita cari event motor yang belum pernah dilaksanakan. Katanya  kalau eventnya nggak menantang, nggak mau ikut. Ya sudah akhirnya ini kita pilih karena mereka meminta tantangan yang lebih,” kata dia.

Melihat antusiasme peserta, dirinya berharap event ini kedepannya dapat digelar secara continue. Terlebih pembalap legendaris, Frans Tanuwijaya menilai sirkuit endure race yang ada di Cikarang layak dimainkan untuk level Asia.

“Saya berharap seperti itu (event berlanjut) apalagi informasinya sirkuit ini juga sudah layak untuk dimainkan di level Asia. Itu Pak Frans Tanuwijaya yang bilang,” kata Danang. (dim)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait