Penuh Debu dan Krikil, Jalan Menuju Kantor Pemkab Bekasi Akhirnya Disemprot

Proses penyiraman Jl. Raya Tegal Danas yang penuh debu, Jum'at (20/09).
Proses penyiraman Jl. Raya Tegal Danas yang penuh debu, Jum'at (20/09).

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Pemerintah Kabupaten Bekasi mulai menyemprot Jl. Raya Tegal Danas, Desa Hegarmukti, Kecamatan Cikarang Pusat yang penuh krikil dan debu, Jum’at (20/09).

Jalanan yang memiliki lebar 4 meter itu disemprot menggunakan air yang diangkut oleh satu unit mobil tangki.

Bacaan Lainnya

Nugi (22) mahasiswa dari Kampus Pelita Bangsa meyakini penyemprotan bisa memberi dampak kenyamanan kepada masyarakat maupun pengguna jalan.

Oleh karenanya, dia berharap penyemprotan rutin dilakukan sampai jalan Raya Tegal Danas yang rusak diperbaiki.

“Kalau cuma sekali dua kali ya percuma. Besok-besok juga debunya ada lagi,” kata dia.

Sebelumnya, debu pekat di Jalan Raya Tegal Danas seringkali membuat pengendara harus menutup mulut dan hidung jika melintas di sana. Bahkan pohon dan rumput di sekitarnya pun telah berubah warna karena tertutup debu.

“Yang paling parah di tanjakan dari arah Kalimalang menuju jembatan tol.  Debunya tebel (pekat) banget,” kata Dede (29), salah seorang pedagang di Pasar Tegal Danas, Jum’at (13/09).

Seorang pengendara, Rian (31) mengaku cukup terganggu saat melintasi Jalan Raya Tegal Danas karena debu cukup banyak apalagi ketika kendaraan besar seperti dump truck dan mobil molen melintas.

“Kalau lewat situ nggak kuat debunya. Mau muter lewat Cibatu terlalu jauh,” kata dia.

Hal yang sama dialami oleh Mohammad Hanif (29). Menurut dia, Jalan Raya Tegal Danas merupakan jalur vital yang menghubungkan Kawasan Industri di Deltamas dan Komplek Perkantoran Pemkab Bekasi sehingga banyak kendaraan yang melintasi jalur tersebut.

Menurutnya, bila jalan tidak segera diaspal maka warga yang kerap melintas atau berada di sekitar badan jalan tersebut bisa terkena penyakit saluran pernafasan (ISPA).

“Debunya kemana-mana apalagi kalau pas ramai, kasihan yang naik motor,” tutupnya. (BC)

Pos terkait