Bapak Nalan saat menyiram jalanan untuk menghindari serangan debu di ruas Jl. Insoeksi Kalimalang persimpangan Tegal Danas, Rabu (19/09) pagi.
Bapak Nalan saat menyiram jalanan untuk menghindari serangan debu di ruas Jl. Insoeksi Kalimalang persimpangan Tegal Danas, Rabu (19/09) pagi.

Warga Cikarang Pusat Siram Jalan yang Berdebu

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Persoalan jalan terus mengantui masyarakat Kabupaten Bekasi. Belumlah jalan mulus dinikmati, sekarang warga mengeluhkan debu.

Keluhan ini seperti yang disampaikan warga Desa Hegarmukti, Kecamatan Cikarang Pusat. Bahkan untuk menghindari debu, warga merelakan waktu untuk menyiram jalan yang berdebu setiap waktu.

BACA : Lampaui Angka Baku Mutu, Polusi Debu di Kabupaten Bekasi Memprihatinkan

Salah satunya seperti yang dilakukan Nalan (48) warga desa setempat. Ia menyiram Jl. Raya Inspeksi Kalimalang tepatnya di persimpangan Tegal Danas untuk mengantisipasi serangan debu.

“Setiap pagi, siang dan malam. Jalanan pokoknya kita siram karena banyak banget debunya,” kata pria yang berprofesi sebagai tukang ojek pangkalan itu, Rabu (19/09).

Kegiatan menyiram jalan ini, diakuinya muncul atas inisiatif pribadi. Aksi ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan masyarakat ataupun pengendara yang melintas di jalur tersebut.

“Nggak ada yang nyuruh, inisiatif pribadi aja. Kadang (nyiramnya-red) bergantian sama (tukang ojek-red) yang lain,” ungkapnya.

Nalan menjelaskan air yang digunakan untuk menyiram, diambil dari sungai kalimalang dan disedot menggunakan mesin pompa.

“Mesin pompa airnya ada yang ngasih, udah jelek sih tetapi ternyata masih bermanfaat buat masyarakat,” ucapnya.

Warga, kata dia, berharap Pemerintah Kabupaten Bekasi ataupun pihak-pihak terakit berinisiatif untuk menyelesaikan keluhan itu. Debu-debu yang beterbangan tidak lain sebabkan banyaknya truk molen atau kendaraan bertonase besar yang kerap melintas di jalur tersebut.

“Perusahaan yang punya truk molen juga kayaknya nggak perduli tuh, Bang. Padahal tempat (batching plant) nya nggak jauh dari sini,” kata dia. (BC)

Baca Juga

Camat Cikarang Pusat, Endin Samsudin saat meninjau rumah warga yang terdampak banjir di Kp. Parung Lesang RT 03/04, RT 03/05 dan RT 04/05 Desa Pasir Ranji, Kecamatan Cikarang Pusat, Sabtu (20/04).

Kali Cibeet Meluap, 72 KK di Cikarang Pusat Terkena Banjir

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Banjir menerjang warga yang bermukim di Kp. Parung Lesang, Desa Pasir …

Kondisi Jalan Raya Kalimalang ruas Tegal Danas - Tegal Gede yang mengalami keretakan di bagian tengah jalur. Jika tidak hati-hati, keretakan ini bisa membuat roda kendaraan masuk ke lubang dan mengakibatkan kecelakaan

Jalan Raya Kalimalang Retak dan Amblas, Pengendara Motor Wajib Was-was

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Kondisi Jl. Raya Kalimalang ruas Tegal Danas -Tegal Gede dikeluhkan oleh …