Pembinaan GP2SP di Perusahaan, Pemkab Bekasi Terima Penghargaan dari Kementrian Kesehatan RI

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Pemerintah Kabupaten Bekasi menerima penghargaan Mitra Bhakti Husada dari Kementerian Kesehatan RI. Penghargaan itu diberikan atas upaya Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi yang telah melakukan pembinaan pelaksanaan Gerakan Pekerja Perempuan Sehat Produktif (GP2SP) di perusahaan di wilayah kerjanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, dr. Sri Enny Mainiarti mengatakan penghargaan diberikan atas peran instansinya melakukan pembinaan terhadap perusahaan di Kabupaten Bekasi untuk dapat meningkatkan kepedulian terhadap perempuan dengan nilai-nilai yang terkandung dari GP2SP tersebut.

Bacaan Lainnya

“Kita melakukan pembinaan dan pendampingan agar terwujudnya upaya memperbaiki kesehatan bagi pekerja perempuan, sehingga meningkatkan produktivitas kerja dan meningkatkan kualitas generasi penerus bangsa di Kabupaten Bekasi,” kata Sri Enny, Senin (29/11).

Menurut dia, GP2SP ini memiliki aspek penting untuk diterapkan di perusahaan, seperti untuk meningkatkan status gizi bagi pekerja perempuan, meningkatkan pengetahuan pekerja perempuan tentang kesehatan reproduksi, meningkatkan pengetahuan pekerja perempuan tentang ASI dan terlaksananya pemeriksaan kesehatan berkala pada pekerja perempuan.

Maka dari itu, pemenuhan atas hak bagi pekerja perempuan harus diberikan supaya kesehatan mereka terjamin dan terlindungi agar mereka bisa tetap produktif.  “Pekerja perempuan mempunyai peran yang sangat luar biasa, yakni sebagai pekerja di tempat kerjanya dan juga memenuhi kodratnya sebagai ibu di rumahnya,” kata dia.

Melalui penghargaan ini, dirinya berharap semua perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Bekasi berkomitmen dalam menerapkan pelaksanaan GP2SP dengan sebaik-baiknya.  “Karena Kabupaten Bekasi merupakan kawasan industri terbesar yang juga cukup banyak menyerap tenaga kerja perempuan,” tuturnya.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Supriadinata menambahkan, Kementerian Kesehatan juga memberikan penghargaan kepada PT. Yamaha Music Manufacturing Asia, sebagai salah satu perusahaan di Kabupaten Bekasi yang telah menerapkan pelaksanaan GP2SP.

“PT. Yamaha Music menerima penghargaan Mitra Bakti Husada untuk Gerakan pekerja perempuan sehat produktif. Kami berharap agar perusahaan lainnya juga mampu menjalankan program ini dengan baik sebagai tolok ukur keberhasilan terealisasinya program ini di daerah industri terbesar se-Indonesia,” kata Supriadinata. (IST)

Pos terkait