KPAD Kabupaten Bekasi Angkat Bicara Soal Maraknya Isu Penculikan Anak

Komisioner KPAD Kabupaten Bekasi, M. Rozak (tengah)
Komisioner KPAD Kabupaten Bekasi, M. Rozak (tengah)

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Komisi Perlindugan Anak Daerah (KPAD) Kabupaten Bekasi angkat bicara terkait dengan maraknya isu penculikan anak di sejumlah daerah, khususnya di Kabupaten Bekasi.

BACA : Isu Penculikan Anak di BCL, Kapolsek Cikarang : Itu Hoax

Bacaan Lainnya

Komisioner KPAD Kabupaten Bekasi, Muhammad Rozak mengatakan bahwa dengan adanya isu tersebut, sepatutnya para orang tua lebih meningkatkan perhatian dan kewaspadaannya terhadap anak, baik saat berada di dalam rumah, lingkungan bermain dan sekolah.

“Kami juga berharap masyarakat bisa berpartisipasi untuk menjaga lingkungan agar lebih aman dan kondusif disamping upaya yang telah dilakukan RT/RW, aparatur desa dan Bimas serta Babinsa,” ucapnya, Selasa (21/03).

Menurutnya, disejumlah daerah, terduga pelaku penculikan anak berhasil ditangkap karena peran serta masyarakat yang meningkatkan kewaspadaannya. “Sehingga Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) juga perlu digiatkan terus menerus oleh semua pihak,” kata Rozak.

KPAD Kabupaten Bekasi, lanjutnya, siap membantu untuk memberikan sosialisasi upaya pencegahan tindak kekerasan terhadap anak. Apalagi, saat ini juga banyak modus operandi pelaku kejahatan yang korbannya adalah anak-anak. “Para orang tua diharapkan dapat membatasi waktu anak pada malam hari untuk tidak keluar rumah mengingat sangat rentan sekali menjadi korban tindak kekerasan,” imbuhnya.

Ia pun memastikan bahwa KPAD Kabupaten Bekasi siap bersinergi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi untuk mejuwudkan Kabupaten Bekasi sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA). “Dengan semangat kebersamaan demi melindungi anak-anak, permasalahan ini tentu menjadi tanggung jawab kita semua,” ucapnya. (BC)

Pos terkait