penyuluhan narkoba mm2100
penyuluhan narkoba mm2100

Kodam Jayakarta Ajak BNN Sosialisasikan Bahaya Tembakau Gorila di SMK Mitra Industri

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG BARAT – Kodam Jayakarta melakukan Penyuluhan Bahaya Narkoba dan Pergaulan Bebas di SMK Mitra Industri di Kawasan MM2100, Desa Danau Indah, Kecamatan Cikarang Barat, Selasa (25/04). Kegitan penyuluhan itu dihadiri sekitar 300 orang siswa.

Kabag Umum BNN DKI Jakarta Joko Purnomo mengatakan dirinya menyambut baik inisiasi yang dilakukan Kodam Jaya dan menjadi sebuah upaya dari TNI untuk memberantas Narkoba, khususnya di Kabupaten Bekasi.

“Karena kalau dilihat dari peta peredarannya, hampir seluruh wilayah penyangga ibu kota seperti di Kabupaten Bekasi ini menjadi target lokasi peredaraan narkoba,” kata Joko Purnomo, saat ditemui usai menjadi pembicara dalam kegiatan tersebut.

Adapun jenis narkoba yang diedarkan terdiri dari berbagai macam jenis. “Dan yang sedang tren saat ini di kalangan generasi muda, khususnya pelajar dan mahasiswa adalah Tembakau Gorila dengan harganya yang relatif lebih murah dibanding jenis lainnya,” ungkap  Joko.

Ia menjelaskan meski Tembakau gorila di dalam UU 35 Tentang Narkotika tidak termasuk dalam jenis narkoba, namun Tembakau Gorila tetap berbahaya karena mengandung campuran zat kimia dan memiliki efek buruk bagi penggunanya.

“Dan sekarang di dalam peraturan Menkes RI, Tembakau Gorila itu sudah dilarang sehingga kami akan terus berupaya melakukan pencegahaan,” ucapnya. (BC)