Klaim Bebas BAB Sembarangan, Kabupaten Bekasi Targetkan Raih Swasti Saba Wistara di 2025

Kali Cilemahabang
Kali Cilemahabang

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT –  Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) menargetkan Kabupaten Bekasi di tahun 2025 bisa meraih predikat Swasti Saba Wistara dalam penyelanggaraan Kabupaten/Kota Sehat.

Plt Kepala Bappeda, Agus Budiono mengatakan Kabupaten Bekasi telah melakukan langkah yang terus mengarah menjadi Kabupaten Sehat, di antaranya telah diraihnya Open Defecation Free (ODF) atau Bebas Buang Air Besar (BAB) sembarangan sejak tahun lalu. Bahkan di tahun ini telah diverifikasi Pemerintah Provinsi dengan meraih hasil 100 persen ODF.

Bacaan Lainnya

BACA: Capaian Stop BAB Sembarangan di Kabupaten Bekasi Masih Rendah

“Bekasi hampir 3 tahun tidak mengikuti penilaian  Kabupaten Sehat karena memang langkah pertamanya adalah bebas ODF terlebih dahulu. Alhamdulillah di tahun ini telah diverifikasi Pemerintah Provinsi dengan meraih hasil 100 persen ODF,” kata Agus Budiono.

Target Swasti Saba Wistara ini, jelas Agus, bukan semata mencari penghargaan. Namun yang terpenting adalah dapat mewujudkan kualitas lingkungan hidup yang sehat dan bersih.

“Saya pikir Kabupaten Bekasi seharusnya sudah layak dengan industri kita yang terus berkembang, sebagai kota Metropolitan, rasanya tidak pantas kalau belum memenuhi standar atau parameter dari kota Sehat,” tuturnya.

Untuk mencapai target ini, Agus mengatakan pihaknya telah menggelar rapat kerja dengan perangkat daerah terkait. Kegiatan tersebut merupakan evaluasi dalam upaya menyamakan persepsi maupun program masing-masing perangkat daerah agar arah dan strategi serta target menjadi Kabupaten Sehat di tahun mendatang bisa sesuai dan saling berkolaborasi.

“Kemudian dalam bentuk tindaklanjut program, ini menjadi penting, nanti kan ada aspek A, aspek B, aspek C yang harus dipenuhi di program kegiatan tahun 2025 yang mengarah ke Kabupaten Sehat. Apalagi hari ini sedang proses penyusunan APBD,” jelasnya.

Dia berharap Kabupaten Bekasi di tahun 2025 bisa meraih gelar Swasti Saba Wistara yang merupakan kategori tertinggi di bidang kesehatan. (RIZ)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait