Sekda Jabar, Setiawan Wangsaatmaja saat mencoba mengecek pemeriksaan dengan alkes yang tersedia di Puskesmas Sukamahi,, Rabu (17/02) pagi.
Sekda Jabar, Setiawan Wangsaatmaja saat mencoba mengecek pemeriksaan dengan alkes yang tersedia di Puskesmas Sukamahi,, Rabu (17/02) pagi.

Jawa Barat Optimistis Kabupaten Bekasi Selesaikan Vaksinasi Tahap 1 Tepat Waktu

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Pemerintah Provinsi Jawa Barat optimistis Kabupaten Bekasi mampu menyelesaikan vaksinasi tahap pertama bagi tenaga kesehatan di daerah itu sesuai waktu yang ditetapkan.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja mengatakan sejauh ini proses vaksinasi tahap pertama bagi tenaga kesehatan di Kabupaten Bekasi telah berjalan lancar meski terlambat menerima alokasi vaksin Sinovac.

“Vaksinasi berjalan lancar. Saya yakin Kabupaten Bekasi bisa mengejar karena persiapannya sudah cukup matang, sudah siap meskipun terlambat menerima vaksin yang seharusnya diterima bersamaan dengan tujuh daerah pertama di Jawa Barat sesuai rencana awal,” kata dia usai meninjau vaksinasi di Puskesmas Sukamahi, Kecamatan Cikarang Pusat, Rabu (17/02).

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Pelaksana Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah Provinsi Jawa Barat itu mengatakan pelaksanaan vaksinasi tahap pertama untuk dosis kedua yang ditujukan bagi para tenaga kesehatan ditargetkan selesai pada akhir Bulan Februari 2021.

“Sesegara mungkin karena target nakes ini harus selesai akhir Februari ini. Kami perkirakan di sekitar Bulan Maret ini vaksin tahap kedua mulai didistribusi, saya rasa teknis pelaksanaan vaksinasi tahap pertama di Kabupaten Bekasi ini sudah tepat untuk mengejar target periode vaksinasi,” kata dia.

Setiawan berharap pelaksanaan vaksinasi tahap pertama di Kabupaten Bekasi selesai lebih cepat sehingga pada pendistribusian vaksin tahap kedua bisa bersamaan dengan tujuh daerah prioritas penerima vaksin lainnya di Jawa Barat.

“Kalau menurut hemat kami, wilayah mana yang sudah selesai divaksin nakesnya maju ke profesi berikutnya. Oleh karena itu saya berkoordinasi dengan Sekda Kabupaten Bekasi untuk sesegera mungkin menyelesaikan vaksinasi nakes untuk kemudian kita berlanjut ke kelompok berikutnya,” katanya. (BC)