HSN 2023: Santri di Kabupaten Bekasi Harus Asah Kematangan Intelektual

Sedikitnya 3000 peserta mengikuti Upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) di Kabupaten Bekasi tahun 2023 Minggu (22/10). Pada momentum ini para santri diminta untuk mengisi kemerdekaan dengan dengan terus mengasah kematangan intelektual.
Sedikitnya 3000 peserta mengikuti Upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) di Kabupaten Bekasi tahun 2023 Minggu (22/10). Pada momentum ini para santri diminta untuk mengisi kemerdekaan dengan dengan terus mengasah kematangan intelektual.

BERITACIKARANG.COM, BABELAN – Sedikitnya 3000 peserta mengikuti Upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tingkat Kabupaten Bekasi tahun 2023, di Pondok Pesantren At-Taqwa, Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan, pada Minggu (22/10).

Tema yang dicanangkan dalam memperingati HSN tahun ini yaitu ‘Jihad Santri Jayakan Negeri’, dengan maksud merayakan semangat dan dedikasi para santri sebagai pahlawan pendidikan dan perjuangan kebodohan.

Bacaan Lainnya

BACA: Santri Kabupaten Bekasi Diajak Berani Tampil dan Ambil Posisi Strategis

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bekasi, Asnawi menyampaikan HSN erat kaitannya dengan perjuangan ulama dalam menggelorakan Kemerdekaan RI.

“Ditetapkannya hari santri nasional ini, dimaksudkan untuk mengingat dan meneladani semangat jihad para santri dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia yang digelorakan oleh para ulama,” kata Asnawi.

Selain itu, dipilihnya 22 Oktober sebagai HSN juga merujuk pada peristiwa bersejarah yang diserukan oleh Pahlawan Nasional KH Hasyim Asy’ari.

“Seruan itu merupakan resolusi jihad bagi umat islam, untuk melawan tentara sekutu yang ingin kembali menjajah wilayah Indonesia setelah proklamasi kemerdekaan,” ungkapnya.

Untuk saat ini, seiring berjalannya waktu makna jihad telah berubah di masa perkembangan teknologi yang begitu masif dan kompleks. Jihad tidak lagi mengacu pada pertempuran fisik melainkan menjadi perjuangan intelektual bagi umat islam.

“Ya, sekarang sudah merdeka, jihad santrinya lebih kepada mengasah kematangan keintelektualan yang menjadikan dirinya agar berilmu untuk menata masa depan lebih baik lagi,” ujarnya.

Untuk itu dirinya berharap, agar para santri di Kabupaten Bekasi semakin semangat dalam belajar dan mengembangkan ilmu yang semakin luas. “Jadi harapan kita salah satunya yakni Pondok Pesantren At-Taqwa yang dapat menjadi barometer pesantren yang ada di Kabupaten Bekasi,” katanya.

Upacara peringatan HSN tingkat Kabupaten Bekasi dipimpin langsung oleh Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan, dihadiri unsur Forkopimda, para camat dan kepala perangkat daerah, dan perwakilan pondok pesantren dari berbagai wilayah Kabupaten Bekasi.

Acara peringatan Hari Santri Nasional tahun 2023, dirangkaikan dengan membagikan piala bagi yang juara pada Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) antar Pondok Pesantren (Pontren) yang digelar pada 16-17 Oktober 2023, dimana Pondok Pesantren At-Taqwa Babelan keluar sebagai Juara Umum. (riz)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait