Wahana permainan air di Situ Binong
Wahana permainan air di Situ Binong

Andalkan Situ Binong, Hegarmukti Wakili Kabupaten Bekasi di Lomba Desa Wisata Nusantara 2019

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Desa Hegarmukti yang terletak di Kecamatan Cikarang Pusat mewakili Kabupaten Bekasi di ajang Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2019. Desa Hegarmukti terpilih karena dianggap mampu menata potensi kepariwisataan yang ada di wilayahnya, yakni Situ Binong.

BACA: Siap-Siap, Bakal Ada Air Mancur ‘Raksasa’ di Situ Binong

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyaratak dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi, Ida Farida menjelaskan dari 3 desa di Kabupaten Bekasi yang diajukan untuk mengikuti lomba yang digagas oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia ini, Desa Hegarmukti lolos ke tahap verifikasi bersama 27 desa wisata lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Sebetulnya ada 3 desa yang kita ajukan untuk mengikuti lomba ini dan ternyata yang lolos ke tahap verifikasi disini (Hegarmukti),”  kata Ida Farida saat mendampingi Tim Verifikasi Penilaian Lomba Desa Wisata Nusantara Tahun 2019 di Situ Binong, Rabu (09/10).

Menurut Ida, perlombaan seperti ini jangan dijadikan tolak ukur. Sebab, keberhasilan pembangunan di desa sebetulnya adalah bagaimana desa itu mampu menggali potensi desanya untuk kesejahteraan masyarakat sekaligus menggali potensi desa untuk dikembangkan sehingga dapat meningkatkan sumber pendapatan desa.

“Yang jelas kita berharap keberadaan Situ Binong ini bisa memberikan multiplayer effect bagi masyarakat disini dan semua desa di Kabupaten Bekasi  juga mampu  mensejahterakan masyarakatnya,” kata dia,

Ketua Tim Verifikasi Lomba Desa Wisata Nusantara, Iwan Y Budi menyampaikan lomba membangun Desa Wisata Nusantara dilaksanakan dengan maksud meningkatkan potensi wisata desa yang lebih fleksibel dan terkoneksi, mengapresiasi desa dalam pengembangan desa wisata dan mendorong BUMDes berperan aktif dalam pengelolaan destinasi wisata di desa.

“Salah satu tujuannya adalah untuk mempromosikan destinasi wisata di Indonesia melalui teknologi informasi,” ujarnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Kasubdit Sarana dan Prasarana Pemukiman Desa di Direktorat Jendral Pemerintah Desa ini menyebutkan, saat ini dirinya bersama tim melakukan verifikasi lapangan untuk mencocokkan data yang sebelumna telah dikirim dengan kenyataan di lokasi desa wisata. Selanjutnya akan dilakukan penilaian oleh tim juri untuk menentukan layak dan tidaknya desa ini ke tahap berikutnya.

“Saat ini kita belum bisa tentukan (lolos atau tidak ke tahap berikutnya) karena kita baru lihat (verifikasi) nanti akan direkap terlebih dahulu dan akan kita lihat juga daerah lain untuk kemudia kita sandingkan,” kata Iwan.

Turut Hadir dalam verifikasi Lomba Desa Wisata Nusantara di Desa Hegarmukti ini, yakni anggota DPRD Kabupaten Bekasi Budiyanto, Kepala Desa Hegarmukti Ajo Subarjo, Ketua BumDes Hegarmukti, Ketua BPD Desa Hegarmukti, Ketua Pokdarwis Situ Rawa Binong, Komunitas Pemuda Seni Hegarmukti (Komuniti), Ketua Paguyuban Hariring Jagasatru Sauyunan, Ketua Sanggar Seni Cahaya Gumler, dan masyarakat Desa Hegarmukti. (BC)

Baca Juga

Salah seorang warga duduk bersantai di Situ Rawa Binong yang berada di Desa Hegarmukti Kecamatan Cikarang Pusat.

Camat Cikarang Pusat: Situ Rawa Binong Butuh Penataan

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Situ Rawa Binong di Desa Hegarmukti, Kecamatan Cikarang Pusat memiliki daya …