Vaksinasi Tahap Pertama, Kabupaten Bekasi Dijatah 22.520 Dosis Vaksin

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Kabupaten Bekasi menerima alokasi total sebanyak 22.520 dosis vaksin Sinovac untuk pelaksanaan vaksinasi COVID-19 tahap pertama bagi para tenaga kesehatan. Pengiriman vaksin tahap pertama tersebut akan dilakukan sebanyak dua kali.

Juru Bicara Vaksin COVID-19 Siti Nadia Tarmizi menjelaskan alokasi vaksin di tiap daerah termasuk Kabupaten Bekasi sesuai dengan kebutuhan tenaga kesehatan yang telah diusulkan sebelumnya oleh Pemerintah Daerah setempat.

Bacaan Lainnya

“Penentuan alokasi berdasarkan data yang disampaikan dinas kesehatan setempat,” kata Siti Nadia Tarmizi, Minggu (24/01).

Penidtsribusian, vaksin ke tiap daerah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi. “Kalau terkait distribusi ke kabupaten dan kota itu dari provinsi,” katanya.

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Provinsi Jawa Barat Juanita Paticia Fatima mengatakan distribusi vaksin COVID-19 ke Kabupaten Bekasi dijadwalkan pada Rabu 27 Januari 2021.

“Berdasarkan jadwal, berangkat dari gudang vaksin provinsi Rabu pukul 08.00 WIB,” katanya.

Pengiriman awal di tahap pertama, kata dia, sebanyak 12.000 dosis yang dikemas dalam 300 dus berukuran kecil di tujuh kotak pendingin sehingga dapat dipastikan tersimpan secara aman selama perjalanan.

“Ini adalah pengiriman tahap pertama. Untuk alokasi ditentukan oleh Kemenkes. Intinya secara bertahap semua nakes akan divaksinasi,” ungkapnya.

Nita menjelaskan pengiriman tahap pertama vaksin untuk Kabupaten Bekasi dijadwalkan dalam dua kali distribusi.

“Sesuai alokasi pusat, jumlah yang diterima Kabupaten Bekasi 22.520. Besok Rabu 12.000 dosis sisanya menyusul. Kalau vaksinnya sudah ada semua di gudang kami,” kata dia.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bekasi Alamsyah mengatakan pihaknya sudah menyiapkan gudang farmasi milik pemerintah daerah di Kecamatan Tambun Selatan. Pengiriman vaksin tahap pertama untuk Kabupaten Bekasi akan diberikan untuk tenaga kesehatan, termasuk jajaran Forkopimda.

“Kami sudah menyiapkan 46 rumah sakit, 44 Puskesmas dan satu klinik sebagai lokasi vaksinasi tenaga medis, sedangkan untuk Forkopimda rencananya di Puskesmas Cikarang Utara sekaligus mengawali vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Bekasi,” kata dia. (BC)

Pos terkait