Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bekasi, Juhandi.
Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bekasi, Juhandi.

Tembus Hampir Rp 2 Triliun, Realisasi Penerimaan Pajak di Kabupaten Bekasi Lebihi Target

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari 11 sektor pajak di Kabupaten Bekasi sepanjang tahun 2018 mencapai hampir Rp 2 triliun. Angka ini mengalami kenaikan sekitar 25 persen dari target yang telah ditetapkan yakni Rp 1,6 triliun.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bekasi, Juhandi menuturkan capaian itu diperoleh dari hasil penarikan pajak periode 1 Januari hingga pertengahan Desember 2018.

“Target kita di tahun hanya Rp 1,6 triliun dan sekarang sudah mencapai hampir Rp 2 triliun. Jadi sudah melebihi target,” kata Juhandi, Rabu (19/12).

Target itu, sambungnya, diperoleh dari 11 sektor pajak daerah yang ada di Kabupaten Bekasi seperti Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Bea Perolehan Hak atas Tanah dan atau Bangunan (BPHTB), Pajak Panerangan Jalan Umum (PPJU), Pajak Hotel, Pajak Restoran, Pajak Hiburan, Pajak Reklame, Pajak Parkir, Pajak Air Tanah, Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan serta Pajak Sarang Burung Walet.

“Paling besar itu dari BPHTB. Nilainya hampir Rp 760 miliyar, PBB Rp. 360 miliyar dan PPJ 330 miliyar. Sementara paling kecil Pajak Sarang Burung Walet hanya Rp 700 juta,” ungkapnya.

Juhandi menambahkan di tahun 2019 Bapenda akan menambah target perolehan PAD dari sektor pajak. Berbagai upaya, akan dilakukan pemerintah dengan membuka potensi penarikkan pajak  lainnya. Salah satunya, yaitu katering yang akan mulai diberlakukan pada awal tahun depan.

“Potensi pajak di Kabupaten Bekasi itu sebetulnya sangat besar, makanya kita terus gali untuk mendongkrak PAD,” kata Juhandi. (BC)

Baca Juga

Kecelakaan lalu lintas di Jl. Yos Sudarso, Desa Karang Asih, Kecamatan Cikarang Utara, Minggu (07/04) pagi

Januari – Agustus, 32 Orang Tewas Akibat Laka Lantas di Kabupaten Bekasi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA – Tercatat 32 orang tewas akibat kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Bekasi …

Rapat paripurna internal dengan agenda pembahasan usulan fraksi-fraksi dari partai politik yang berhasil menempatkan wakilnya di DPRD Kabupaten Bekasi, Kamis (12/09).

DPRD Kabupaten Bekasi Umumkan Susunan Fraksi, Satu Parpol Belum Ambil Sikap

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  –  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bekasi periode 2019-2024 menggelar rapat …