Pendaftaran Pilkades Serentak di Kabupaten Bekasi Mulai Dibuka Hari Ini

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bekasi sudah mulai berjalan. Proses pendaftaran Bakal Calon untuk menjadi Calon Kepala Desa sudah dibuka sejak hari ini, Jum’at (29/06).

BACA : Pilkades Serentak di Kabupaten Bekasi, Mantan Narapidana Boleh Daftar Jadi Calon Kepala Desa

“Tahapan Pilkades sudah berjalan mulai hari ini. Proses pendaftaran Bakal Calon Kepala Desa sudah dibuka,” kata Kepala Bidang Pemerintahan Desa di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi, Benni Yusnandiar.

Ia menuturkan proses pendaftaran Bakal Calon Kepala Desa dibuka hingga tanggal 04 Juli 2018 mendatang. “Sesuai dengan tahapan yang ada, proses pendaftaran Bakal Calon Kepala Desa akan berlangsurng selama enam hari kedepan dan akan ditutup pada tanggal 4 Juli mendatang,” ucapnya.

Proses perpanjangan pendaftaran Bakal Calon, kata dia, akan dilakukan apabila dalam kurun waktu enam hari itu hanya ada satu Bakal Calon yang mendaftar. Sebab, sesuai persyaratan proses pendaftaran Calon Kepala Desa di setiap desa minimal dua orang.

BACA : Pilkades Serentak di Kabupaten Bekasi, Pecandu Narkoba Tak Boleh Calonkan Diri Jadi Kepala Desa

“Akan kita lakukan perpanjangan selama dua puluh hari. Kalau selama masa perpanjangan itu tidak ada juga yang mendaftarkan lagi maka kita akan menungunggu ketentuan dari Bupati selanjutnya apakah akan dibuka lagi (pendaftaran-red) atau ditunjuk Pj dari PNS,” ungkapnya.

Adapun jumlah maksimal calon yang mengikuti Pemilihan Kepala Desa di setiap desa akan dibatasi lima orang. “Apabila dalam perjalanannya pendaftar dalam satu desa lebih dari 5 orang, mereka akan menjalani tes seleksi yang dilakukan oleh tim akademisi yang telah kami tunjuk,” ujarnya.

Benni berharap proses pedaftaran calon kepala desa bisa berjalan aman dan lancar serta diikuti oleh orang-orang terbaik di setiap desa yang mampu membangun daerahnya masing-masing. “Saya berharap proses pendaftaran calon ini bisa berjalan dengan aman dan lancar serta diikuti oleh orang-orang ber-qualified yang mampu membangun desanya masing-masing,” ujarnya.

Untuk diketahui, Pilkades akan digelar di 154 Desa di Kabupaten Bekasi. Proses pemungutan suara akan dilakukan secara serentak pada tanggal 26 Agustus 2018 mendatang. (BC)

Baca Juga

Real count KPU untuk Pilpres di wilayah Kabupaten Bekasi pada Minggu (21/04) pukul 18.00 WIB

Real Count KPU di 66 TPS Kabupaten Bekasi: Prabowo – Sandi Raup 64,55 Persen Suara

BERITACIKARANG.COM, KEDUNGWARINGIN – Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 02, Prabowo – Sandiaga …

Ketua PC Satuan Relawan Indonesia Kabupaten Bekasi sekaligus Caleg DPRD Kabupaten Bekasi Nomor Urut 4 dari Partai Gerindra Dapil VI, Junaedi

Ketua Satria Jabar Yakin Junaedi Jadi Caleg DPRD Kabupaten Bekasi Terpilih

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA – Ketua Pimpinan Daerah Satuan Relawan Indonesia Raya (SATRIA) Provinsi Jawa Barat, …