Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja, saat meninjau lokasi pemberlakuan empat lajur di Jalan Inspeksi Kalimalang, di Desa Cibuntu, Kecamatan Cibitung, Selasa (13/10).
Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja, saat meninjau lokasi pemberlakuan empat lajur di Jalan Inspeksi Kalimalang, di Desa Cibuntu, Kecamatan Cibitung, Selasa (13/10).

Pemkab Bekasi Mulai Fungsikan Dua Ruas Jalan Inspeksi Kalimalang

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi mulai memfungsikan dua ruas jalan Inspeksi Kalimalang dimulai dari Cibitung sampai dengan Pasar Tegal Danas. Hal itu dikatakan, Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja dalam rapat evaluasi optimalisasi bersama tujuh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait.

Dalam rapat yang dihadiri perangkat daerah terkait, seperti Dinas Perhubungan, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Bapedda, SatpolPP, Disperkimtan, Dinas Lingkungan Hidup serta Dinas Pemadam Kebakaran Selasa (13/10), dilakukan pembahasan mengenai persiapan dan perencanaan langkah langkah optimalisasi dua jalur Inspeksi Kalimalang tersebut.

“Sepanjang Kalimalang Cibitung atau pool bus Sinar Jaya, hari ini telah diaktifkan dua ruas jalan yang sebelumnya belum optimal. Tentunya, masih diperlukan sinergitas antar Dinas terkait, harus kompak. Setelah tadi saya melihat langsung, ternyata masih banyak didapati permasalahan-permasalahan terkait penataannya,” ungkap Bupati.

Bupati juga meminta agar nilai estetika di sepanjang jalur tersebut juga harus diperhatikan. Baik dari segi keindahan, kebersihan, dan penataan yang terus dilakukan secara berkesinambungan. Dan juga bersinergi dengan unsur Forkopimda Kabupaten Bekasi dalam penanganannya.

“Kita juga harus perhatikan nilai estetikanya, jangan sampai ini terlihat kumuh tidak terawat. Ini dari semua dinas harus segera bekerja, agar terlihat perubahan. Bagaimana caranya, agar dapat menjadi icon baru bagi Kabupaten Bekasi yang dapat bermanfaat bagi masyarakat luas,” kata Eka.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan, Aat Barhaty menyampaikan, telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pengaktifan ruas jalan Kalimalang. “Selama tiga minggu ini kita telah melakukan sosialisasi, woro-woro dan peringatan kepada masyarakat. Alhamdulillah, mereka telah menyadari bahwa jalan tersebut peruntukannya untuk jalan,” ucapnya.

Menurut Aat, Bupati sudah melihat kondisinya dan perlu dilakukan penataan secara bersama-sama dari berbagai SKPD. “Harus kerja bersama-sama untuk bisa memaksimalkan supaya menjadikan Kalimalang icon baru Kabupaten Bekasi,” jelasnya.

Aat mengaku, pada awalnya Pemkab Bekasi akan melaksanakan optimalisasi dari Batas Kota sampai dengan Pasar Tegal Danas. Namun, pada kenyataannya masih ada beberapa lahan yang perlu dibebaskan yang nantinya akan masuk pada program berikutnya.

“Ini efektif dilakukan, saat ini masih menggunakan satu ruas jalur. Sehingga, dapat mengurai kemacetan yang terjadi. Kami juga akan melakukan pemantauan dititik tertentu serta melakukan rekayasa lalu lintas. Semoga masyarakat dapat menggunakan jalan dengan aman dan nyaman serta ikut memelihara jalan,” kata dia.

Sebelumnya, Bupati Bekasi telah melakukan sidak langsung bersama SatpolPP, Satlantas, TNI dan Dishub. Dari sepanjang jalan Inspeksi Kalimalang Cibitung sampai dengan Pasar Tegal Danas. Inspeksi dilakukan untuk melihat secara langsung bagaimana kondisi serta permasalahan – permasalahan lalu lintas di jalan Inspeksi Kalimalang. (***)