Mulai Besok, 200 Napi Asal Jakarta Migrasi Ke Cikarang

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly saat melakukan inspeksi ke Lapas Klas III Cikarang Kecamatan Cikarang Pusat Kabupaten Bekasi, Jumat (22/04).
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly saat melakukan inspeksi ke Lapas Klas III Cikarang Kecamatan Cikarang Pusat Kabupaten Bekasi, Jumat (22/04).

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Sebanyak 200 narapidana dari dua lembaga pemasyarakat di Jakarta bakal dipindahkan ke Cikarang, tepatnya ke Lapas Kelas III Bekasi yang berada di Desa Pasir Tanjung, Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi. Hal tersebut diungkapkan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly. Pemindahan tahanan bakal dilakukan bertahap mulai besok, Sabtu 23 April 2016.

Menurut Yasonna, 200 napi tersebut berasal dari Lapas Cipinang dan Salemba yang saat ini kelebihan muatan.

Bacaan Lainnya

“Ini dalam rangka pengecekan kondisi lapas. Dan kondisi di dalam bagus karena baru dibangun. Rencananya nanti ada 200 napi dari Cipinang dan Salemba yang dipindah ke sini,” ujar dia saat melakukan inspeksi ke Lapas Kelas III Bekasi, Jumat (22/04).

Para napi yang dipindah, kata Yasonna, merupakan napi yang telah menyelesaikan setengah dari masa hukuman. Napi dari berbagai kasus akan dipindahkan, kecuai kasus terorisme. “Tidak tergantung kasusnya apa, kasus pidana umum sama narkoba masuk ke sini. Kecuali terorisme karena kan itu kasus khusus,” kata dia.

Segala proses administrasi, keamanan hingga anggaran untuk kebutuhan para napi, kata Yasonna, sudah dipersiapkan. “Karena kan di lapas ini anggarannya hanya untuk 600 napi. Setelah ditambah, nanti anggaran yang dari lapas asal dipindah ke sini. Karena kan untuk makan napi dan kebutuhan lainnya,” jelasnya.

Selain Cikarang, ada dua lapas lagi yang menjadi tujuan migrasi napi. Keduanya yakni Rutan Cilodong Depok dan Lapas Gunung Sindur Bogor. (DB)

Pos terkait