Salah seorang anak tengah melihat karya yang dipajang di Galeri Seni Gedung Djuang 45 Tambun Selatan, Selasa (22/03).
Salah seorang anak tengah melihat karya yang dipajang di Galeri Seni Gedung Djuang 45 Tambun Selatan, Selasa (22/03).

Mengintip Galery Seni Gedung Djuang 45 Tambun Selatan

BERITACIKARANG.COM, TAMBUN SELATAN – Puluhan karya berupa berupa lukisan, foto, grafik dan gambar instalasi saat ini memenuhi ruangan kosong yang berada tepat di samping Gedung Djuang Tambun Selatan. Puluhan karya tersebut, dirangkum dalam sebuah pameran bertajuk Galery Seni Gedung Djuang 45.

Insiator pameran ini, Komarudin Ibnu Mikam mengatakan bahwa Galery Seni Gedung Djuang 45 ini terwujud atas inisiatif Kedutaan Besar Bekasi yang peduli dengan kelestarian potensi sejarah dan budaya Bekasi, Tim Pelestari Cagar Budaya, ICMI Bekasi dan lain sebagainya.

“Galeri Seni Gedung Djuang 45 diharapkan bisa menjadi wadah atau ruang berekspresi bagi warga Kabupaten Bekasi serta media komunikasi bagi orang – orang untuk memberikan karyanya bagi Bekasi. Muatan-muatan lokal yang ada dalam pameran menjadi sesuatu yang wajib dihadirkan,” jelasnya, Selasa (22/03).

Ia berharap keberadaan Galery Seni Gedung Djuang 45 ini sanggup menjadi motivasi, khususnya masyarakat Kabupaten Bekasi untuk melakukan sesuatu yang positif atas karya seni dan budaya. Galeri ini pun didedikasikan untuk memberikan penghargaan bagi para pejuang.

“Kita memberikan apresiasi terhadap semua karya-karya masyarakat, semua hasil budidaya, gedung bersejarah, benda cagar budaya, situs-situs sebagai local genius yang perlu dihadirkan sebagai warisan budaya sejarah bekasi,” imbuhnya.

Lanjut dia, Galery Seni Gedung Djuang 45 ini tercipta karena memang sejauh ini pameran-pameran atau ruang apresaisi seni budaya di Kabupaten Bekasi terbilang langka atau bahkan sama sekali tidak ada.

“Oleh karena itu kami berharap pemerintah daerah melihat ini sebagai motivasi untuk mendirikan sebuah musium, gedung kesenian atau apapun bentuk dan namanya untuk dijadikan sebagai ruang bagi masyarakat mengapresiasi seni dan budaya,” bebernya.

Informasi yang BERITACIKARANG.COM dapatkan, puluhan karya berupa berupa lukisan, foto, grafik dan gambar instalasi tersebut merupakan karya dari penggiat kesenian visual di Kota dan Kabupaten Bekasi. Galery Seni Gedung Djuang 45 ini dibuka setiap hari dari tanggal 19 Maret hingga 22 Juni 2016 dari pukul 10.00 hingga pukul 22.00 WIB. Siapapun boleh berkunjung dan gratis. (DB)

Baca Juga

Plt Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja saat melakukan kunjungan ke Gedung Juang usai menghadiri Musrenbang RKPD Tingkat Kabupaten Bekasi 2020, Kamis (21/03) siang. | Foto: Humas Pemkab Bekasi

Pemkab Bakal Jadikan Gedung Juang Pusat Kebudayaan Bekasi

BERITACIKARANG.COM, TAMBUN SELATAN – Pemerintah Kabupaten Bekasi bakal menjadikan Gedung Juang sebagai Pusat Kebudayaan Bekasi. …

Pelaku begal berinisial DN (15) dan YR (14) serta penadah berinsial YM (39) saat digelandang petugas di Mapolsek Tambun, Sabtu (02/03).

Dua Bocah ‘Bau Kencur’ Jadi Begal di Tambun Selatan

BERITACIKARANG.COM, TAMBUN SELATAN – Unit Reserse Kriminal Polsek Tambun berhasil menangkap dua dari tiga pelaku …