terlihat sampah dan eceng gondonk yang memadati irigasi yang berada di desa tambun dan desa mekarsari.

Karena Sering Mengakibatkan Banjir, Warga Meminta Normalisasi Irigasi

BERITACIKARANG.COM, TAMBUN SELATAN – Air kali sungai irigasi di Desa Tambun, Kecamatan Tambun Selatan penuh sampah, eceng gondok, dan lain-lain, selasa (22/3/2016) hujan yang mengguyur mengakibatkan beberapa rumah warga tergenang air dari aliran irigasi tersebut.

Air yang masuk kedalam rumah warga membawa sampah dan lumpur yang terseret dari kali irigasi tersebut, akibat dangkalnya irigasi ditambah sampah dan eceng gondok membuat aliran irigasi tersumbat, sehingga ketika diguyur hujan air akan meluap ke rumah warga sekitar.

“Kalau sudah hujan air pasti masuk kedalam rumah, karena irigasinya sudah dangkal ditambah sampah dan eceng gondok yang menyumabat air, jadi kami sudah bosan sehingga menggunakan karung berisi pasir untuk menahan air agar tidak mudah masuk ke rumah,” ucap salah satu warga sekitar Ari  (36) didepan rumahnya.

Bukan hanya warga Desa Tambun, warga Kampung Tarutung  Rt 03/1, Desa Mekarsari juga meneluhkan dengan banyaknya sampah dan tidak adanya Normalisasi (pengerukan,red) yang dilakukan Pemkab Bekasi saat ini.

“Terakhir kali kali dinormalisasi pada tahun 2014 lalu menjelang pileg anggota DPRD  Kabupaten Bekasi. Hingga kini belum dinormalisasi lagi akibatnya timpukan sampah menutupi air, sehingga menimbulkan banjir dan berpotensi menimbulkan penyakit juga,” bebernya.

Tambah dirinya mengaku akibat ditinggal salah satu warga yang rajin membersihkan sampah di kali tersebut, sekarang tidak ada lagi warga yang berani membersihkan pasalnya tumpukan sampah dan eceng gondok sudah terlalu banyak.

“Ya, saya harap ada yang prihatin yang bisa membantu kita melakukan normalisasi irigasi ini mas, dan bila hal itu ada kita sangat banyak mengucapkan terima kasih banyak,” tutupnya. (nay)

Baca Juga

Evakuasi mandiri warga di Kp. Bojong Poncol, Desa Sumbersari, Kecamatan Pebayuran yang terjebak air luapan sungai Citarum, Minggu (21/02).

Banjir Rendam 19 Kecamatan, Legislator Desak Pemkab Bekasi Tetapkan Status Tanggap Darurat

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Anggota DPRD Kabupaten Bekasi Nyumarno mendesak Pemkab Bekasi menetapkan status tanggap darurat. Hal ini …

Imlek 2572, Vihara Darma Sakti Bagikan Angpao dan Sembako Bagi Masyarakat Tionghoa Secara Door to Door

BERITACIKARANG.COM, TAMBUN SELATAN  – Viraha Darma Sakti yang berada di Kp. Rawa Kalong, Desa Setiamekar, …