Kabupaten Bekasi Tunggu Kuota Haji 2023

Kepala Seksi (Kasi) Penyelengaraan Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama Kabupaten Bekasi, Nani Mulyani.
Kepala Seksi (Kasi) Penyelengaraan Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama Kabupaten Bekasi, Nani Mulyani.

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bekasi saat ini tengah menunggu keputusan Kemenag Pusat terkait pembagian kuota haji 2023.

Diketahui, Indonesia di tahun 2023 ini mendapatkan kuota jamaah haji sebanyak 221.000 orang. Jumlah itu dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya mencapai 100.051 orang saja.

Bacaan Lainnya

“Kuota haji baru dikeluarkan di tingkat nasional 221 ribu. Jumlah itu belum di-breakdown ke tingkat Provinsi sehingga otomatis Provinsi juga belum bisa mem-breakdown kuotanya ke Kabupaten/Kota,” kata Kepala Seksi Penyelengaraan Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama Kabupaten Bekasi, Nani Mulyani, Jum’at (20/01).

Nani bersyukur informasi yang dibawa oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas usai menandatangani kesepakatan penyelenggaraan ibadah haji 1444 H/2023 M yang ditandatangani Indonesia dan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi beberapa waktu lalu.

Yakni tahun ini tidak ada lagi pembatasan usia calon jemaah haji seperti halnya pada saat pandemi yang membatasi usia hanya di bawah 65 tahun. Artinya, calon jemaah yang berusia 65 tahun ke atas bisa berangkat ke tanah suci.

“Yang pertama kita harus bersyukur bahwa tahun ini pemberangkatan calon jemaah haji sudah bisa normal kembali seperti tahun 2019 sebelum pandemi,” ucap Nani.

Pihaknya mengaku akan segera menginformasikan untuk kuota haji Kabupaten Bekasi setelah keputusan diterima. Informasi juga akan disampaikan pada calon haji yang mendapatkan jadwal tahun ini.

“Intinya jemaah yang tertunda keberangkatannya saat pandemi, mereka yang akan yang akan diprioritaskan di tahun ini” tuturnya.

Ia mengimbau kepada para calon jemaah yang sudah terdaftar untuk mempersiapkan diri, salah satunya dengan selalu menjaga kondisi kesehatan dan mulai membekali diri dengan berbagai pengetahuan seputar pelaksanaan ibadah haji. (dim)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait