Kabupaten Bekasi Tingkatkan Produksi Ikan 7.500 Ton Per Tahun

Pemerintah Kabupaten Bekasi berupaya meningkatkan produksi ikan budidaya dan tangkap mencapai 7.500 ton per tahun.
Pemerintah Kabupaten Bekasi berupaya meningkatkan produksi ikan budidaya dan tangkap mencapai 7.500 ton per tahun.

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Pemerintah Kabupaten Bekasi berupaya meningkatkan produksi ikan budidaya dan tangkap mencapai 7.500 ton per tahun. Jumlah ini setara 5 persen dari target produksi ikan di Kabupaten Bekasi tahun ini yang mencapai lebih 150.000 ton.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi, Iman Santoso menjelaskan kebutuhan ikan di Kabupaten Bekasi untuk konsumsi meningkat setiap tahun. Hal ini sejalan dengan peningkatan jumlah penduduk. Dengan demikian, peningkatan budidaya perikanan menjadi sangat penting dalam memenuhi kebutuhan pangan dan gizi masyarakat.

Bacaan Lainnya

BACA: Budidaya Ikan Dinilai Jadi Peluang Usaha di Kabupaten Bekasi yang Menjanjikan

“Target produksi ikan tahun ini mencapai 150 ribu ton lebih dan harus meningkat setiap tahunnya maksimal 5 persen. Saya yakin tahun sekarang bisa ditargetkan,” katanya saat menghadiri saresehan perikanan budidaya di Hotel Sunnera Antero Jababeka, Kamis (14/09).

Iman mengajak para pengusaha dan pembudidaya perikanan untuk terus melakukan inovasi. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi yang efektif, efisien dan berdaya saing serta berkelanjutan.

“Budidaya perikanan yang berkelanjutan adalah suatu keharusan. Untuk mendukung hal tersebut kami mengajak untuk mengoptimalkan lahan-lahan yang belum produktif dengan tetap memperhatikan daya dukung lingkungan,” katanya.

Kepala Bidang Perikanan Budidaya, Toni Dartoni mengatakan bahwa kegiatan sarasehan perikanan budidaya ini digelar selama dua hari yakni pada tanggal 14 – 15 September 2023.

“Alhamdulillah peserta sangat antusias mengikuti kegiatan saresehan ini, yang mengikuti sebanyak 70 pelaku usah budidaya ikan yang berada di Kabupaten Bekasi,” ujarnya.

Dirinya berharap para peserta bisa menyerap ilmu yang telah disampaikan, sehingga bisa diimplementasikan dalam usaha budidaya ikan dan produksinya dapat terus meningkat. (riz)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait