Budidaya Ikan Dinilai Jadi Peluang Usaha di Kabupaten Bekasi yang Menjanjikan

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi Iman Satoso melakukan monitoring kelompok pembudidaya ikan dengan metode bioflok di Masjid Jauharotul Madinah di Kecamatan Cibitung.
Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi Iman Satoso melakukan monitoring kelompok pembudidaya ikan dengan metode bioflok di Masjid Jauharotul Madinah di Kecamatan Cibitung.

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Produksi ikan di Kabupaten Bekasi saat ini masih belum mampu memenuhi kebutuhan pasar. Kondisi ini pun dinilai sebagai peluang usaha atau bisnis yang menjanjikan bagi warga Cikarang, Kabupaten Bekasi.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi, Iman Santoso mengatakan produksi ikan hasil budidaya dan perikanan tangkap di Kabupaten Bekasi saat ini baru mencapai 89,367 ton per tahun.

Bacaan Lainnya

Kendati melibihi target yang ditetapkan,  angka ini masih kurang dari kebutuhan atau ketersediaan ikan untuk dikonsumsi di Kabupaten Bekasi yang mencapai hingga 152.703 ton per tahun.

BACA: Restocking, Puluhan Ribu Benih Ikan Disebar di Tiga Situ

“Jadi masih ada selisih 63.340 ton. Hal ini tentunya menjadi peluang usaha bagi masyarakat untuk menggeluti budidaya perikanan, budidaya tangkap hingga usaha pengolahan hasil perikanan di Kabupaten Bekasi,” kata Iman, Jum’at (07/07).

Meskipun setiap tahun ada peningkatan produksi, sambungnya, tetap saja kebutuhan atau ketersediaan ikan di Kabupaten Bekasi untuk di konsumsi masih kurang sehingga masih bergantung pada daerah lain.

“Apabila ada masyarakat yang ingin memulai, kita siap melayani untuk memberikan pembinaan. Ya, silakan saja datang ke kantor kita kalau mau mencari informasi ataupun konsultasi terkait budidaya ini,” ungkapnya.

Bagi pemula, kata dia, bisa memilih untuk media budidaya atau skema usaha yang sesuai kemampuan namun menghasilkan.

“Misalnya budidaya ikan lele dengan bioflok. Budidaya ikan lele ini hampir di setiap kecamatan ada. Metode seperti ini kalau dikelola dengan serius hasilnya sangat menjanjikan,” kata dia. (dim)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait