Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, Jejen Sayuti
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, Jejen Sayuti

Jejen Sayuti Soroti ‘Prestasi’ Dinas PUPR Kabupaten Bekasi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, Jejen Sayuti menyoroti persoalan minimnya penyerapan anggaran di Dinas Pekerjaan Umum dan Pentaan Ruang (PUPR) Kabupaten Bekasi. Pasalnya, meski telah memasuki pertengahan tahun, penyerapan anggarannya baru 0,9 persen dari total Rp. 1,036 triliun.

BACA : Penyerapan Anggaran Dinas PUPR Kabupaten Bekasi Paling Rendah

Menurut dia, penyerapan APBD 2017 merupakan yang terendah jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hingga pertengahan tahun, masih banyak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang minim menyerap anggaran, dimana Dinas PUPR meraih ‘prestasi’ dengan predikat paling rendah.

“Padahal, porsi mereka (PUPR) ‎terbesar dibanding OPD lain. 1 triliun lebih yang kami gol kan, tapi sudah pertengahan tahun baru 1 persen saja yang terserap. Terus pertanyaannya, kapan mereka mau lakukan kegiatan? Benar-benar parah dinas ini, pekerjaan pada terbengkalai,” tegasnya.

BACA : Penyerapan Anggaran Minim, Dinas PUPR Kabupaten Bekasi dinilai Bobrok

Padahal kata dia, pihaknya selalu memberi peringatan setiap tahunnya, melalui rekomendasi ‎ke pemerintah daerah, soal penyerapan anggaran. Karena, Sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) yang dihasilkan tahun sebelumnya cukup tinggi dan berdampak pada pemberian DAU dan DAK.

“Seharusnya menjadi pembelajaran. Dinas pengguna anggaran besar tidak main-main dengan penyerapan anggaran atau ada kepentingan disini, sehingga penyerapannya lemah,” cetusnya.

BACA : Jelang Mudik, Warga Keluhkan Jl. Arteri Cibitung Rusak dan Berlubang

Terpisah, Direktur Centre for Budgeting Analysis (CBA), Uchok Sky Khadafi, menilai, rendahnya penyerapan pada Dinas PUPR Kabupaten Bekasi‎ membuktikan OPD ini malas bekerja.

“Jangan lelang itu selalu dijadikan alasan. Harusnya dipercepat, kan DPA sudah disusun dan rencana kegiatannya juga sudah ada. Kalau seperti ini, tentunya tidak sejalan dengan pemerintah pusat yang menginginkan percepatan pembangunan. Seharusnya, daerah itu mendukung dengan pembangunan dari APBD nya,” kata dia. (BC)

Baca Juga

Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo saat berdialog terakit dengan penanganan bencana banjir di Kabupaten Bekasi, Rabu (26/09).

BNPB Bantu Rp500 Juta Untuk Tanggap Darurat Banjir di Kabupaten Bekasi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyerahkan bantuan sebesar Rp 500 juta …

Banjir yang menerjang pemukiman warga di Kp. Tambun Pertama, Desa Pusaka Rakyat, Kecamatan Tarumjaya, Minggu (23/02).

Banjir di Kabupaten Bekasi Meluas

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Banjir yang melanda wilayah Kabupaten Bekasi sejak Kamis 20 Februari 2020 …