Hindari Banjir, Plt Bupati Bekasi Ajak Gotong royong

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA – Untuk menghindari bencana banjir di musim penghujan tahun ini, seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Bekasi diminta untuk bergotong royong.

Demikian disampaikan Plt Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja saat memimpin apel kesiapan tanggap musim penghujan tahun 2018, Senin (19/11).

Apel yang diselenggarakan di Lapangan Polres Metro Bekasi ini, dilaksanakan sebagai bentuk kesiapan Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi, Polres Metro Bekasi dan Kodim 0509 Kabupaten Bekasi dalam menghadapi musim penghujan.

Plt Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja menuturkan apel ini bertujuan agar segala kemungkinan terjadinya bencana di musim penghujan dapat diantisipasi termasuk menyelamatkan jiwa dan materi milik masyarakat.

“Sesuai dengan amanat undang-undang no 24 tahun 2017 tentang penanggulangan bencana, maka ada paradigma baru dalam penanggulangan bencana. Yang semula bersifat responsif menjadi preventif, bersifat sektoral menjadi multisektoral, inisiatif pemerintah menjadi tanggung jawab bersama pemerintah, masyarakat dan dunia usaha serta sentralistik menjadi desentralisasi,” kata Eka.

Oleh karenanya, pihaknya mengajak seluruh pihak untuk bergotongroyong melakukan upaya pengurangan resiko bencana.

“Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengajak masyarakat bergotong royong, membersihkan sampah terutama yang menyumbat saluran air atau drainase,” ungkapnya.

Selain itu, upaya lain yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pemasangan rambu-rambu kebencanaan, pembuatan peta dan jalur evakuasi, pembuatan sumur biopori serta pemasangan alat peringatan dini.

Usai apel, Plt Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja didampingi Kapolres Metro Bekasi, Kombespol Candra Sukma Kumara beserta jajaran melakukan peninjauan terhadap alat-alat ataupun sarana yang akan dipergunakan dalam kegiatan penyelamatan khususnya saat terjadi musibah banjir seperti perahu karet, kano, pelengkapan SAR, mobil manage dan sejumlah alat evakuasi lainnya. (BC)

Baca Juga

Kecelakaan lalu lintas di Jl. Yos Sudarso, Desa Karang Asih, Kecamatan Cikarang Utara, Minggu (07/04) pagi

Januari – Agustus, 32 Orang Tewas Akibat Laka Lantas di Kabupaten Bekasi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA – Tercatat 32 orang tewas akibat kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Bekasi …

Rapat paripurna internal dengan agenda pembahasan usulan fraksi-fraksi dari partai politik yang berhasil menempatkan wakilnya di DPRD Kabupaten Bekasi, Kamis (12/09).

DPRD Kabupaten Bekasi Umumkan Susunan Fraksi, Satu Parpol Belum Ambil Sikap

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  –  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bekasi periode 2019-2024 menggelar rapat …