Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yasin saat melantik dan mengampil sumpah jabatan 154 Kepala Desa yang terpilih di Pilkades Serentak 2018, Jum'at (28/09) pagi.
Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yasin saat melantik dan mengampil sumpah jabatan 154 Kepala Desa yang terpilih di Pilkades Serentak 2018, Jum'at (28/09) pagi.

DPMD Kabupaten Bekasi: Dana Desa Jangan Hanya Buat Bangun Jalan

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi mendorong pemerintah desa untuk menggunakan dana desa pada sektor pemberdayaan ekonomi masyarakat diantaranya dengan membangun Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Demikian disampaikan Kepala DPMD Kabupaten Bekasi, Aat Barhaty.

BACA: Lantik 154 Kades, Bupati Neneng: Majukan Desa, Rangkul Semua Rival

“Dana desa  jangan hanya dipakai untuk pembangunan fisik berupa infrastruktur seperti membuka dan memperbaiki jalan tetapi juga harus difokuskan untuk kegiatan-kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat seperti BUMDes,” kata Aat Barhaty, saat ditemui di acara pelantikan 154 Kades terpilih pada Pilkades Serentak 2018 di Gedung Swatantra Wibawa Mukti, Komplek Perkantoran Pemkab Bekasi, Jum’at (28/09) pagi.

Pasalnya, kata dia, selama ini pembangunan yang berorientasi untuk pembangunan fisik berupa infrastruktur sudah dialokasikan dari APBD Pemkab Bekasi. “Apalagi, saat ini masih banyak desa di kita yang memang belum memiliki BUMDes,” ucapnya.

BACA: Dari 180 Desa di Kabupaten Bekasi, Baru 50 BUMDes Terbentuk

Oleh karena itu, kedepannya, DPMD Kabupaten Bekasi akan menggencarkan sosialisasi menganai BUMDes kepada para Kepala Desa yang baru dilantik dan diambil sumpah jabatannya.

“Nanti kita akan coba untuk mensosialisasikan kepada mereka BUMDes itu apa, kemudian kewajiban kepala desa terhadap BUMDes itu juga apa. Mudahan-mudahan ketika mereka sudah terbuka mindsetnya tentang pentingya BUMDes, diharapkan nantinya semua desa itu minimal bisa mendirikan satu BUMDes di desanya masing-masing,” kata dia. (BC)

Baca Juga

Kepala Kepolisian Sektor Pebayuran, AKP Asep Romli saat gelar perkara kasus penipuan lowongan kerja lewat media sosial dan menunjukan barang bukti berupa surat lamaran yang dilayangkan kepada para pencari kerja, Senin (09/12) sore.

Polsek Pebayuran Bongkar Penipuan Lowongan Kerja Lewat Media Sosial

BERITACIKARANG.COM, PEBAYURAN  – Jajaran anggota Kepolisian Sektor Pebayuran berhasil mengungkap kasus penipuan berkedok lowongan pekerjaan …

Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja saat menerima kunjungan kerja spesifik Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Senin (09/12) | Foto: Humas Pemkab Bekasi

Terima Kunjungan Komisi X DPR RI, Bupati Bekasi Usulkan Kurikulum SMK Sesuai Kebutuhan Industri

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja didampingi Sekretaris Daerah, beserta jajarannya menerima …